ANALISIS LAYANANLEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR (LBB)(Studi Kasus Di Lembaga Bimbingan Belajar Sony Sugema College (SSC) Jalan Kaca Piring,Surabaya)

  • FADHILA SANI RAMADHAN PUTRA

Abstract

ABSTRAK
Pada dasarnya baik pendidikan formal maupun pendidikan nonformal, kedua-duanya memiliki peranan yang
penting dalam transformasi sosial budaya lewat transfer dan pengembangan ilmu pengetahuan serta nilai-nilai budaya
pada individu dan masyarakat. Hal tersebut menunjukkan bahwa penyelenggaraan pendidikan tidak hanya di sekolah
formal saja tetapi juga dapat diselenggarakan oleh lembaga luar sekolah, salah satunya adalah Lembaga Bimbingan
Belajar (LBB). Lembaga Bimbingan Belajar (LBB) memiliki dasar yang kuat sebagai wujud partisipasi masyarakat
dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Agar Lembaga Bimbingan Belajar dapat memenuhi target tersebut maka
diperlukan adanya inovasi-inovasi dalam berbagai aspek. alam segi pelayanan, Sony Sugema College (SSC) telah
memaksimalkan seluruh sumber daya yang dimilikinya untuk menciptakan layanan-layanan sesuai kebutuhan peserta
didik. Lembaga bimbingan belajar sangat besar peranannya dalam mencerdaskan bangsa karena mereka cenderung
digunakan sebagai tempat lain bagi peserta didik untuk melengkapi kekurangan ilmu yang mereka tidak dapatkan di
lembaga formal yakni sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk
mengungkap gejala atau fenomena tentang bentuk dan hasil layanan yang terjadi di tempat penelitian. Sedangkan
metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari data yang terkumpul akan dianalisis
dengan analisis data kualitatif yang meliputi reduksi data, display data, dan kesimpulan dan verifikasi. Untuk
menigkatkan kepercayaan atau hasil dari penelitian kualitatif ini, maka digunakan kredibilitas, konfirmabilitas, dan
transferabilitas. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa LBB SSC melalui beragam layanannya membantu siswa untuk
mencapai kesuksessan para siswanya. Berbagai layanan ditawarkan kepada para siswa dalam rangka peningkatan
prestasi siswa dan mengantarkan siswa menuju ke gerbang kesuksessan.
Kata kunci: Kata kunci: pendidikan non formal, bimbingan belajar, layanan,
The Services Form and Result of Learning Course Institution
(Study case at Lembaga Bimbingan Belajar Sony Sugema College (ssc) Kaca Piring, Surabaya)
ABSTRACT
Basically, either formal education or non-formal education, both of them has important role in culture social
transformation through transfer and knowledge development as well as cultural values on individual and society. It
showed that education implementation not only on formal education but also can be implement on out school
institutions, one of them is through learning course. Learning course have strong foundation as community participation
form in educate nation live. In order to be able to fulfill those target, that earning course will need innovations on
various aspects. On service aspect, Sony Sugema College (SSC) have maximize whole resources that owned to create
services based on learner’s need. Learning course’s role have important role in educate nation since they tend to applied
as other places in completing knowledge shortage that they did not received at school. This was a descriptive qualitative
research, which aim to explore or uncover symptoms or phenomenon concerning the form or result of services which
existed on research site. While for data collecting method were observation, interview, and documentation. From data
that has been collected will be analyzed with qualitative analysis included data reduction, data display, and conclusion
and verification. To improve reliability from the research result, it applied credibility, conformability, and
transferability. Research results showed that LBB SSC through its various services able to assist its students in reach
their success. Various services has offered to students in order to improve their achievement and accompany them to
success gate.
Keywords: non-formal education, learning course, service

Published
2016-07-26
Abstract Views: 48
PDF Downloads: 45