PROGRAM PENDIDIKAN KELUARGA RESPONSIF GENDER (PKRG)

  • NAVY DWI ARIYANTI

Abstract

Pendidikan Keluarga Responsif Gender (PKRG) merupakan program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. PKRG adalah kegiatan yang dilakukan untuk memberikan pengetahuan, wawasan, dan pemahaman tentang hak dan kewajiban, peran, kedudukan, tugas serta tanggung jawab antara laki-laki dan perempuan untuk mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender dalam keluarga. Tujuan dari adanya program ini untuk membina keluarga melalui pendidikan dengan menjalin harmonisasi keluarga dengan memberikan pengetahuan, wawasan, dan pemahaman gender di lingkungan keluarga. Dalam penyelenggaraan suatu program selalu memiliki pengaruh baik positif maupun negatif. Pengaruh merupakan akibat yang ditimbulkan oleh suatu tindakan, perilaku atau aktivitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh program pendidikan keluarga responsif gender (PKRG) terhadap keluarga di SKB Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini dilakukan di SKB Kabupaten Nganjuk dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh program pendidikan keluarga responsif gender (PKRG) terhadap keluarga di SKB Kabupaten Nganjuk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa r hitung lebih kecil dari r tabel (0,328 ≤ 0,390) yang artinya tidak ada pengaruh program pendidikan keluarga responsif gender (PKRG) terhadap keluarga di SKB Kabupaten Nganjuk. Hubungan antara kedua variabel termasuk dalam kategori rendah karena berada pada interval koefisien 0,201 – 0,400. Hasil uji signifikasi juga menunjukkan bahwa harga z hitung lebih kecil dari z tabel (1,628 ≤ 1,96)

Kata Kunci : Pengaruh Program, PKRG, Pendidikan Keluarga

Gender Responsive Family Education (PKRG) is a program of the Ministry of Education and Culture. PKRG is the activities undertaken to provide the knowledge, insight, and understanding of rights and obligations, the role, position, duties and responsibilities between men and women to achieve justice and gender equality in the family. The purpose of the program is to foster families through education by promoting the harmonization of families by providing knowledge , insight , and understanding of gender in a family environment. In the implementation of a program always has an impact both positive and negative. The impact of the consequences caused by an act, behavior or activity. The purpose of this study was to determine the impact of gender responsive family education program (PKRG) to his family in SKB Nganjuk. This research was conducted in SKB Nganjuk by using quantitative research approach to the type of correlational research with the aim to determine the impact of gender responsive family education program (PKRG) to his family in SKB Nganjuk. Research results showed that r value was smaller than r table (0.328 ≤ 0.390) which means there is no impact of gender responsive family education program (PKRG) to his family in SKB Nganjuk. The relationship of two variables belong to low category because it is in the interval coefficient from 0.201 to 0.400. Significance test results also show that the z value was smaller than z table ( 1.628 ≤ 1.96 )

Keywords: Impact Program, PKRG, Family Education.

Published
2016-07-26
Abstract Views: 51
PDF Downloads: 207