PELAKSANAAN PROGRAM LIFE SKILL HAND MADE DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN LANSIA DI UPT PELAYANAN SOSIAL LANJUT USIA KECAMATAN PANDAAN KABUPATEN PASURUAN

  • nur khasanah

Abstract

Program Life Skill Hand Made merupakan salah satu dari berbagai program kegiatan yang diselenggarakan oleh UPT Pelayanan Sosial Lanjut Usia di Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan yang ditujukan kepada para lansia yang tinggal di lembaga tersebut, dimana para lansia tersebut memiliki latar belakang yang berbeda-beda seperti lansia yang terlantar, menggelandang, pengemis, dimana mereka semua tidak memiliki keluarga, rumah atau tempat tinggal maupun yang sengaja di buang oleh keluarganya. Adapun program tersebut diselenggarakan dengan tujuan untuk mewujudkan dari visi dan misi lembaga dimana yang didalamnya bermaksud untuk dapat meningkatkan kesejahteraan lansia sebagaimana tercantum dalam maksud dan tujuan lembaga yaitu dengan memenuhi akan kebutuhan para lansia (jasmani, rohani, dan sosial).

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang pelaksanaan program life skill hand made di UPT Pelayanan Sosial Lanjut Usia Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan dan menganalisis dan mendeskripsikan apakah penerapan program life skill hand made dapat meningkatkan kesejahteraan lansia di UPT Pelayanan Sosial Lanjut Usia Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan subyek penelitian diantaranya adalah lansia yang tinggal di UPT Pelayanan Sosial Lanjut Usia Pasuruan, Fasilitator atau tutor juga pembimbing dalam proses pelaksanaan program, penyelenggara atau pengelola program, maupun petugas yang berkaitan dengan keberlangsungan pelaksanaan program life skill hand made. Dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi peneliti memperoleh data yang kemudian di analisis dengan menggunakan teknk koleksi data, reduksi data, display data, verifikasi dan simpulan. Dan untuk uji keabsahan data dengan menggunakan kriteria kredibilitas, dependabilitas, konfirmabilitas, dan transfermabilitas.

Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu bahwa program life skill hand made berjalan dengan baik dan lancar meski dalam pelaksanaan kegiatan yang dilakukan tidaklah terprogram secara tertulis. Dengan mengikuti program life skill hand made yang didapatkan peserta tidak hanya kemampuan membuat suatu kerajinan saja namun juga diperoleh kecakapan secara personal, kecakapan sosial, kecakapan intelektual, dan kecakapan vokasional sehingga diperolehnya peningkatan kebutuhan jasmani, rohani dan sosial para peserta yang terlihat dari semakin membaiknya kondisi psikis dan kesehatan para lansia yang mengikuti program life skill hand made dan meningkatnya kemampuan dalam berkomunikasi dan bersosialisasi serta waktu senggang yang dimiliki semakin bermanfaat.

Handmade Life Skill Program is one of the activity programs held by UPT Pelayanan Sosial Lanjut Usia sub-district Pandaan, Pasuruan addressed to the elderly who live in that institute and which they have a different background, such as, the neglected elderly, homeless, beggars, etc. In fact, it happens because they do not have a family and a home or their family disposes them. That program held with the aim of reaching the institution’s vision and mission for improving the welfare of the elderly as stated in the institution’s intent and purpose by fulfilling the elderly needs (physical, spiritual, and social).

As this research is conducted to analyze and describe the implementation of handmade life skill program in UPT Pelayanan Sosial Lanjut Usia Pandaan district of Pasuruan and to analyze and describe whether the implementation program of handmade life skill can improve the welfare of the elderly in UPT Pelayanan Sosial Lanjut UsiaPandaan district of Pasuruan. This research used qualitative research methods and the research subjects are the elderly who live in UPT Pelayanan Sosial Lanjut Usia of Pasuruan, facilitators or tutors, also the supervisor in the process of implementation program, the organizer or the manager of the program, and the personnel related to the implementation program of handmade life skill.

By using the interview, observation and documentation techniques, the researcher obtained the data and then analyzed it using some techniques, those are, data collection, data reduction, data display, verification and conclusion. And for the validity data test was using the criteria of credibility, dependability, confirmability and transfermabilitas.

The result obtained from this study is that hand made life skill program runs smoothly, despite the implementation of activity that does not preprogrammed in schedule. By following hand made life skill program the participants obtain not only the ability to make a craft, but also personality skills, social skills, intellectuality, and vocational skills so acquired the increasing need for physical, spiritual and social of participants as seen from the improving conditions psychological and health of elderly who take hand made life skill program and the increased ability to communicate, so leisure time owned more useful.

Published
2016-07-29
Abstract Views: 120
PDF Downloads: 170