DAMPAK PROGRAM KEAKSARAAN DASAR TERHADAP PENCIPTAAN MASYARAKAT BELAJAR DI KELOMPOK BINAAN SKB KABUPATEN MALANG

  • RATNA ENNO APRILIYANI PUTRI

Abstract

DAMPAK PROGRAM KEAKSARAAN DASAR TERHADAP PENCIPTAAN MASYARAKAT BELAJAR DI KELOMPOK BINAAN SKB KABUPATEN MALANG

Program Keaksaraan Dasar merupakan salah satu program yang bertujuan untuk mengurangi buta huruf. Keaksaraan dasar adalah program yang memfokuskan pada kemampuan membaca, menulis dan berhitung sebagai upaya peningkatan kemampuan keaksaraan orang dewasa berkeaksaraan rendah atau tuna aksara usia 15-59 tahun ke atas sehingga nantinya dapat mendukung aktivitas sehari-hari dalam kehidupan keluarga dan masyarakat. Penelitain ini berujuan untuk mengtahui pelaksanaan, menganalisis hasil, dampak terhadap penciptaan masyarakat belajar, factor pendukung dan factor penghambat program Keaksaraan Dasar di Kelompok Binaan SKB Kabupaten Malang.

Dalam penelitian ini mengggunakan metode kualitatif, subjek penelitian iniwarga belajar, tutor dan penyelenggara program. Dalam pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi partisipatif dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dan dideskripsikan serta diuji keabsahan datanya melalui kredibilitas, tranferability, depenability serta konfirmability

Hasil dari penelitian ini bahwa pelaksanaan program keaksaraan dasar mengacu pada 10 patokan dikmas yaitu : ) warga belajar, 2) tutor, 3) pamong belajar, 4) panti belajar, 5) sarana prasarana belajar, 6) kelompok belajar, 7) ragi belajar, 8) dana belajar, 9) program belajar, 10) hasil belajar. Hasil program mengacu pada tiga domain meliputi aspek kognitif, aspek afektif dan aspek psikomotorik. Programberdampak pada warga belajar dapat mengimplementasikan hasil program keaksaraan dasarnya dalam kehidupan sehari-hari faktor pendukung dalam program ini adalah faktor internal yaitu motivasi dan dukungan keluarga serta faktor eksternal yaitu lingkungan belajar yang mendukung, fleksibilitas jam belajar, lingkungan setempat yang kondusif dan dukungan dari perangkat desa. Sementara faktor penghambat yang dapat menghambat pencapaian dari tujuan program antara lain yaitu waktu belajar menyesuaikan kegiatan warga belajar, kurang pendampingan dari tutor, kurang fasilitas/sarana prasarana dan kurang adanya pendampingan dana.

Kata Kunci : Keaksaraan Dasar, Masyarakat Belajar

The effect of basic literacy program to learning community creation on target group of SKB Malang District

Basic literacy program is one of programs which aim to decrease illiteracy. Basic literacy is a program that focused on reading, writing and counting skill as an effort of adult low literacy skill improvement or illiteracy age 15-59 above that later can support daily activities in family and community lives. This research aim to determine the implementation, analyses result, and the effect of learning community creation, supporting and inhibiting factors of basic literacy program on SKB Malang target group.

In this research applied qualitative method, research subject were student, tutor, and program organizer. Data collecting were applied interview, participative observation and documentation. Later data will analyzed and described as well as tested its validity through credibility, transferability, dependability, and conformability.

Research result showed that basic literacy program implementation referred to 10 learning community standards namely: 1) student, 2) tutor, 3) learning instructor, 4) learning place, 5) learning infrastructure, 6) learning group, 7) learning formulation, 8) learning funding, 9) learning program, 10) learning result. Program results referred to three domains covered cognitive, affective and psychomotor aspects. Program affected to student if they can implement its basic literacy program result to daily live supporting factor in this program was internal factor namely motivation and family support and external factor was supporting learning environment, flexible learning hours, conducive local area, and support from village officer. While for inhibiting factors which can hampered the achievement of program purposes were learning hours adjusted student’s activity, lack of tutor’s advocacy, lack of infrastructure and advocacy funding.

Keywords: basic literacy, learning community

Published
2016-07-29
Abstract Views: 32
PDF Downloads: 331