Hubungan Antara Pola Pembinaan Dengan Perilaku Sosial Anak Di Panti Asuhan Filadelfia Kabupaten Boyolali

  • MELIA KRISTIYANI

Abstract

Abstrak

Anak baik itu anak yang berada di dalam keluarga yang utuh, tidak lagi memiliki keluarga, keluarga yang yang kurang harmonis bahkan mereka yang tinggal di panti asuhan, semua anak memerlukan pembinaan hal ini tidak lain tidak bukan untuk memenuhi salah satu kebutuhan bagian itu membentuk perilaku sosial anak menjadi baik dan diterima oleh masyarakat. Pembinaan perlu ada yang suatu pola-pola tertentu yang mana padaakhirnya pola pembinaan ini mampu merubah perilaku sosial anak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara pola pembinaan dengan perilaku sosial anak di Panti Asuhan Filadelfia Kabupaten Boyolali.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dari penelitian ini ada 30 orang. Teknik pengumpulan data mengunakan angket, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan rumus product moment untuk menganalisis angket dan presentase untuk menghitung hasil observasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa r hitung lebih besar dari r tabel (977>0,361) yang artinya bahwa ada hubungan yang positif antara pola pembinaan dengan perilaku sosial anak. Didukung dengan tabel koefisien korelasi dan hasilnya menunjukan hubungan keduanya sangat kuat yaitu95,545% terdapat pada tabel 0,80 – 1,000%.

Hasil dari perhitungan tersebut didukung dengan hasil perhitungan presentase melalui observasi dimana hasilnya menunjukkan bahwa pola pembinaan dan perilaku sosial anak 90% pada presentase yang dikategorikan kuat yaitu 70-79%.

Kata Kunci: pola pembinaan, perilaku sosial anak

Abstrac

The education in family give religous belief, cultural value incluing norm value and association rules as well as skill view and life behavior supporting social and nation life to the concerned member.

The development is something important required by a child either that child is in intact family, no longer has family, nt harmonic family and even them who live in the orphana, all children need development, it is to meet the chlidrens social behavior. This research intends to test the relation between development pattern and social behavior of the chlidern in Filadelfia Orpharage in Boyolali Regency.

This research used quantitative approach and with correlational research type. The population of this research 30 partisipant. The data collegting technique used questionnaire, observation, and documentation. While the data analysis technique used product moment formula to analyze the questionnaire and presntage to calculate the observation result. The research result showed that r value is bigger than r tabel (0,977>0,361) which means that there is positive relation between development pattnern and childrens social behavior. It is supported by correlation coefficient tabel and the result shwoed that the relation fof both is very strong that is 95,45% found in table 0.80-1000%.

The calculation result is supported by percentage calculation result though observastion is 90% in the categorized as strong that is 70-79%.

Key word:development pattern, childerns social behavior.

Published
2016-08-01
Abstract Views: 29
PDF Downloads: 474