PELAKSANAAN PELATIHAN CAKE MAKING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA PADA WARGA BELAJAR DI PUSAT PELATIHAN BOGASARI BAKING CENTER BBC SURABAYA
Abstract
Abstrak
Pelatihan merupakan salah satu pendidikan nonformal yang diselenggarakan dalam jangka pendek dan mempunyai materi yang lebih khusus. Pelatihan cake making dalam penelitian ini adalah pelatihan yang melibatkan proses belajar untuk menciptakan dan mengembangkan keahliandalam hal pembuatan aneka kue yang dapat digunakan sebagai basis untuk memperoleh penghasilan yang layak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pelatihan cake making di pusat pelatihan Bogasari Baking Center BBCSurabaya dan untuk mengetahui pelaksanaan pelatihan cake making dalam meningkatkan motivasi berwirausaha pada warga belajar di pusat pelatihan Bogasari Baking Center BBC Surabaya.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Dengan fokus penelitian pelaksanaan pelatihan cake making untuk meningkatkan motivasi berwirausaha pada warga belajar di pusat pelatihan Bogasari Baking Center BBC Surabaya. Informan dalam penelitian ini adalah warga belajar dan instruktur pelatihan. Untuk meningkatkan kepercayaan hasil penelitian dan keabsahan data digunakan uji keabsahan data yaitu uji kredibilitas, dependabilitas, konfirmabilitas, dan transferabilitas.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pelatihan cake making sudah berjalan sesuai dengan aspek-aspek pelatihan yang meliputi pengorganisasian warga belajar dimana warga belajar dibagi menjadi kelompokkelompok besar, pengorganisasian tujuan dan bahan ajar yang tidak melibatkan warga belajar, metode pembelajaran yang menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan praktek, alokasi waktu 5 hari setiap minggunya dimulai dari hari senin hingga jumat, sumber dana yang berasal dari masing-masingwarga belajar, tempat belajar yang kondusif , alat dan media pembelajaran yang cukup lengkap, sumber belajar yang terdiri dari 7 instruktur yang profesional dan evaluasi yang dilakukan setiap selesai atau berakhirnya pelatihan. Sedangkan untuk pelaksanaan pelatihan cake making dalam penelitian ini ternyata dapat meningkatkan motivasi berwirausaha pada warga belajar hal ini dibuktikan dengan tercapainya indikator adanya rasa percaya diri, mampu berorientasi pada tugas dan hasil, memiliki keberanian mengambil resiko, berjiwa kepemimpinan, Keorisinilan dan memiliki orientasi pada masa depan. Saran yang dapat disampaikan kepada lembaga pelatihan Bogasari Baking Center BBC dalam kelas praktek hendaknya warga belajar dibagi ke dalam kelompokkelompok kecil untuk mempermudah proses belajar dan pemahaman warga belajar.
Kata Kunci Pelatihan cake making, motivasi berwirausaha
Abstract
Training is one of several non-formal education units which conducted on short-time, with specific matter. Cake making training in this research was a training that involved learning process to create and develop skill in making various cakes which can be used as a basis to obtained worthier income. This research were aimed to determine the implementation of cake making training on bogasari baking center BBCSurabaya and to determine the implementation of cake making training in improved entrepreneur motivation on student of bogasari baking center BBC Surabaya.
This research was a qualitative research which applied interview, observation and documentation techniques. With research focus on implementation of cake making training to improved entrepreneur motivation on student of bogasari baking center BBC Surabaya. Informant in these research were student and training instructors. To increase research result reliability and validity then applied validity test namely credibility, dependability, conformability and transferability.
Research result showed that implementation of cake making training on bogasari baking center BBC Surabaya has running appropriated with training aspects which covered student organizing whereas student divided to big groups, purpose organizing and material which not involved student, learning method that applied lecture method, discussion and practice, time allocation five days per week started from Monday until Friday, funding resources which came from student itself, conducive learning place, complete learning equipment and media, learning sources consisted of seven professional instructors and evaluation which conducted everyend of training. While for cake making training implementation in these research proved can improved entrepreneurship motivation which can be proved from the indicators achievementsuch as the existence of self-confidence, able to oriented on task and result, has courage to take risk, leadership spirited, originality and future oriented. Suggestions that can be proposed to BBC training center was in practice class should be divided to small groups to facilitate learning process and student’s comprehension.The implementation of training organizing which run well appropriated with training aspects. However, in organizing student aspect was still unable to run well which proved from data analysis result from observation and interview on training participant. While for the implementation of cake making training in this research was proved can improved training student’s entrepreneur motivation after participated training on bogasari baking center BBC.
Keywords cake making training, entrepreneur motivation.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

