ANALISIS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PELATIHAN PASTRY BAKERY SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMANDIRIAN WARGA BELAJAR DI LEMBAGA PENDIDIKAN PEREMPUAN (LPP) MANDIRI KOTA PONOROGO

Authors

  • VERA PRATIDINA CANDRA DEWI

Abstract

ABSTRAK

ANALISIS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PELATIHAN PASTRY BAKERY SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMANDIRIAN WARGA BELAJAR DI LEMBAGA PENDIDIKAN PEREMPUAN (LPP) MANDIRI KOTA PONOROGO

Kemiskinan di Indonesia adalah masalah utama yang sering muncul dimasyarakat. Lembaga Pendidikan Perempuan berupaya membantu pemerintah dalam menghadapi permasalahan ini dengan memberikan ketrampilan kepada masyarakat. Ketrampilan yang lebih difokuskan untuk perempuan. Tujuan dari program ini agar perempuan memiliki ketrampilan untuk meningkatkan taraf hidupnya, mempunyai jiwa mandiri dan juga memberikan bekal untuk kedepannya. Berdasarkan hal tersebut peneliti mengusung judul “Analisis Pemberdayaan Perempuan Melalui Pelatihan Pastry Bakery Sebagai Upaya Peningkatan Kemandirian Warga Belajar Di Lembaga Pelatihan Perempuan (LPP) Mandiri Kota Ponorogo”. Penelitian ini yang nantinya menjawab rumusan masalah (1) Bagaimana pelaksanaan pemberdayaan perempuan di Kota Ponorogo? dan (2) Bagaimana pemberdayaan perempuan dapat meningkatkan kemandirian usaha di Kota Ponorogo.

Pendekatan penelitian kali ini dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di LPP Mandiri Kota Ponorogo. Subyek dalam penelitian kali ini adalah pengelola, tutor, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Dalam uji keabsahan data untuk meningkatkan kepercayaan hasil penelitian ini maka peneliti menggunakan kredibilitas, transferbilitas, dependabilitas, konfirmabilitas.

Hasil penelitian ini peneliti fokuskan kepadadua indikator yaitu pemberdayaan perempuan dan peningkatan kemandirian. Menyimpulkan bahwasannya penerapan pemberdayaan perempuan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemandirian warga belajar di LPP Mandiri telah berjalan dengan baik dan terbukti dengan banyaknya warga belajar yang mendirikan usaha. Dengan demikian, saran dari peneliti sendiri adalah ditujukan kepada pengelola dan tutor untuk selalu membuat ide baru atau inovasi agar minat masyarakat untuk bergabung menjadi peserta didik LPP Mandiri terus meningkat.

Kata kunci : pemberdayaan perempuan, peningkatan kemandirian

ABSTRACT

THE ANALYSIS OF WOMAN EMPOWERMENT THROUGH BAKERY PASTRY TRAINING AS AN EFFORT OF STUDENT’S AUTONOMOUS IMPROVEMENT ON LPP MANDIRI PONOROGO

Poverty in Indonesia is the main problem which frequently appeared in society. Woman education institution (LPP) tried to assisted government in solved this problem by delivered skill to community. Skill which focused to woman. The purpose of this program to make woman possessed skill to improve its living rate, has autonomous spirit and also gives modal for its future. Based on those matter researcher brought title “The analysis of woman empowerment through bakery pastry training as an effort of student’s autonomous improvement on LPP Mandiri Ponorogo”. This research later will answered problem formulation 1) how is the woman empowerment implementation on Ponorogo city? and 2) how the woman empowerment can improved business empowerment on ponorogo city.

Research approach applied qualitative approach. This research conducted on LPP Mandiri of Ponorogo city. Research subject were organizer, tutor, and student. Data collecting technique conducted through interview, observation and documentation. Data analysis technique applied data collection, data reduction, data presentation, and conclusion drawing. In data validity test to improved research reliability therefore researcher applied credibility, transferability, dependability and conformability.

Research result has researcher focused on two indicators namely woman empowerment and autonomous improvement. It conclude that the application of woman empowerment in learning to improved student’s autonomous on LPP Mandiri has running well and proved with the maount of student who established business. Thus, suggestion from researcher was pointed on manager and tutor to always make new ideas or innovation to improved society’s interest to joined to become LPP Mandiri student to become improved continuously.

Keywords: woman empowerment, autonomous improvement

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-08-22

How to Cite

PRATIDINA CANDRA DEWI, V. (2016). ANALISIS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PELATIHAN PASTRY BAKERY SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMANDIRIAN WARGA BELAJAR DI LEMBAGA PENDIDIKAN PEREMPUAN (LPP) MANDIRI KOTA PONOROGO. J+PLUS UNESA, 5(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/16858
Abstract views: 28 , PDF Downloads: 65