HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KESIAPAN KERJA PESERTA DIDIK PELATIHAN TEKNIK OTOMOTIF DI UPT PELATIHAN KERJA BLK SURABAYA

Authors

  • FAIRUZ ANIQO RAHMI

Abstract

Pelatihan merupakan serangkaian pembelajaran dengan tujuan tertentu untuk mendapatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap untuk mengembangkan diri yang tidak dibatasi dengan peserta didik yang mengikutinya. Program Pelatihan Teknik Otomotif untuk meningkatkan keterampilan dan kesiapan menghadapi dunia kerja yang sesuai dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2013 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 1 ayat 1, yaitu berfungsi mengembangkan kemampuan serta meningkatkan mutu kehidupan dan martabat manusia Indonesia. Pengetahuan dan keterampilan merupakan fondasi bagi seseorang untuk mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi antara motivasi belajar dengan kesiapan peserta didik pelatihan teknik otomotif di UPT Pelatihan Kerja atau BLK Surabaya.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pelatihan teknik otomotif dan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan kesiapan kerja peserta didik pelatihan teknik otomotif di UPT Pelatihan Kerja atau BLK Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Responden yang terlibat berjumlah 32 orang, dimana sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel total yaitu para peserta didik pelatihan teknik otomotif di UPT Pelatihan Kerja atau BLK Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan rumus rank spearman untuk menganalisis hasil angket tersebut.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan motivasi belajar dengan kesiapan kerja diperoleh N 32 untuk rhitung 0,93 yang termasuk dalam kategori sangat kuat karena berada pada interval koefisien 0,80 sampai 1, artinya terdapat korelasi yang positif antara motivasi belajar dengan kesiapan kerja. Hasil uji signifikan juga menunjukkan bahwa harga thitung lebih besar dari ttabel 7,069 lebih besar dari 2,042 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan kesiapan kerja dan kontribusi dari motivasi belajar terhadap kesiapan kerja peserta didik pelatihan teknik otomotif adalah sebesar 48,02 persen.

Kata kunci Motivasi Belajar Kesiapan Kerja

Training is a set of learning processes with particular goals for gaining knowledge, skills, and self development attitude which does not set a particular limitation for its participants. Automotive Engineering Training Program for improving skills and for preparation in facing career environment, which is according to the National Law Number 20 of 2013 about National Education System article 1 clause 1, is functioning for developing skills as well as improving life quality and values of Indonesian people. Knowledge and skills are the foundation for an individual to prepare themselves in facing the world of career. This research aims at examining the correlation between studying motivation and readiness of automotive engineering training participants in UPT Career Training or BLK of Surabaya.

This research aims at examining the implementation of the automotive engineering training and investigating the connection of the training participants studying motivation and work readiness in UPT Career Training or BLK of Surabaya. This research adopted correlational quantitative method. The respondent consisted of 32 people, in which the sampling technique adopted in this research was total sampling, involving the automotive engineering training participants in UPT Career Training or BLK of Surabaya. The data collection technique was using questionnaires and documentation. For the data analysis technique, this research used rank spearman formula for analyzing the results from the questionnaires.

The results showed that the connection between studying motivation and work readiness was equal to N 32 for rcount 0,93 which could be categorized as very strong due to being in the coefficient interval of 0,80 until 1. In other words, there was a positive correlation between studying motivation and work-readiness. The significance test result also showed that the value of tcount was bigger than ttable 7,069 bigger than 2,042 so that it can be concluded that there existsa positive and significant correlation between studying motivation and work readiness and the contribution of the automotive engineering training participants studying motivation toward their work readiness is 48,02 persen.

Key words Studying Motivation, Work readiness

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-08-25

How to Cite

ANIQO RAHMI, F. (2016). HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KESIAPAN KERJA PESERTA DIDIK PELATIHAN TEKNIK OTOMOTIF DI UPT PELATIHAN KERJA BLK SURABAYA. J+PLUS UNESA, 5(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/16981
Abstract views: 85 , PDF Downloads: 439