PENERAPAN PENDEKATAN ANDRAGOGI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PAKET C DI PKBM AL-HIKMAH SUKODONO KABUPATEN SIDOARJO

Authors

  • TAUFIQUL HUDA

Abstract

ABSTRAK

PENERAPAN PENDEKATAN ANDRAGOGI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PAKET C DI PKBM AL-HIKMAH SUKODONO KABUPATEN SIDOARJO

Paket C merupakan salah satu jenis pendidikan luar sekolah yang dilaksanakan oleh PKBM setara SMA. Dalam pembelajaran paket C perlu adanya pendekatan yang sesuai. Pendekatan yang sesuai dalam program paket C adalah pendekatan andragogi. Pendekatan andragogi merupakan pendekatan yang menggunakan prinsip-prinsip pembelajaran orang dewasa. Prinsip-prinsip tersebut digunakan karena mayoritas peserta didik merupakan orang dewasa yang memiliki cara belajar berbeda sehingga perlu diterapkan pendekatan andragogi agar peserta didik dapat termotivasi dalam belajar.Dalam hal ini dapat dirumuskan bahwa: 1 bagaimana penerapan pendekatan andragogi. 2 bagaimana interaksi tutor dengan peserta didik paket C. 3 Bagaimana motivasi belajar peserta didik paket C dalam pembelajaran melalui pendekatan andragogi.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data sebagai berikut : observasi, wawancara, angket atau kuesioner, dan dokumentasi. Data analisis menggunakan Tedensi Sentral dan Distribusi Frekuensi.

Hasil dari penelitian ini adalah telah diterapkannya pendekatan andragogi di PKBM Al-Hikmah sehingga peserta didik sangat bersemangat dalam proses pembelajaran yang telah berjalan. Dengan semangat peserta didik yang tinggi, proses pembelajaran berjalan efektif dan efisien sehingga terjadi interaksi antara tutor dengan peserta didik yang saling memberikan informasi. Sedangkan motivasi belajar peserta didik paket C dapat dibuktikan dengan hasil penelitian yaitu 23,33 persen dengan 7 peserta didik yang dikategorikan sangat baik, 30 persen dengan 9 peserta didik yang dikategorikan baik, 26,67 persen dengan 8 peserta didik dikategorikan cukup baik, dan yang terakhir 20 persen dengan 6 peserta didik dikategorikan kurang baik. Berdasarkan hasil penelitian diatas sangat pentingnya penerapan pendekatan andragogi agar dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik paket C.

Kata Kunci : Penerapan Pendekatan Andragogi, Motivasi

ABSTRACT

THE APPLICATION OF ANDRAGOGIC APPROACH IN ENHANCING LEARNING MOTIVATION OF PACKAGE C LEARNERS IN PKBM AL-HIKMAH SUKODONO SIDOARJO REGENCY

Package C was one of non-school education kinds implemented by PKBM equal to SMA. In learning, package C required suitable approach. The suitable approach in package C program was andragogic approach. Andragogic approach was one using learning principles of adult people. These principles were used because the learners mostly were the adult who had different learning way so that it needed to be applied andragogic approach in order that the learners could be motivated in studying. This could be formulated as the following : 1 how to approach implementation Andragogy. 2 how the interaction tutors with learners package C. 3 How is the motivation of learners in the learning package C through approach Andragogy.

This research used descriptive quantitative method with the data collection technique as the following: observation, interview, questionnaire, and documentation. The analysis data used central tendency and frequency distribution.

The results of this study are already applying andragogy approach in PKBM Al - Hikmah so very eager learners in the learning process has been running . With the high spirit of learners , the learning process runs effectively and efficiently so that the interaction between tutors with learners sharing information . While the motivation of learners package C can be evidenced by the results of the research that is 23.33 percent with 7 learners were categorized as very good , 30 percent with 9 learners categorized as either , 26.67 percent with 8 learners categorized quite good , and the Last 20 percent with 6 learners categorized as poor . Based on the above results are very important application of andragogy approach in order to increase the motivation of learners package C

Keywords: Application of andragogic approach, motivation

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-10-04

How to Cite

HUDA, T. (2016). PENERAPAN PENDEKATAN ANDRAGOGI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PAKET C DI PKBM AL-HIKMAH SUKODONO KABUPATEN SIDOARJO. J+PLUS UNESA, 5(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/17293
Abstract views: 133 , PDF Downloads: 280