PELAKSANAAN SISTEM PONDOK DAN PELATIHAN SENI KALIGRAFI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILL) BAGI SANTRI DI PONDOK PESANTREN ATTANWIR TALUN SUMBERREJO BOJONEGORO

Authors

  • MUHAMMAD ADIB IHSAN

Abstract

ABSTRACT

COTTAGE SYSTEM IMPLEMENTATION AND TRAINING IN THE ART OF CALLIGRAPHY IMPROVE LIFE SKILLS FOR STUDENTS IN BOARDING ATTANWIR TALUN SUMBERREJO BOJONEGORO

Boarding school is a traditional school dormitory, where his students all lived together and studied under the guidance of a teacher who is better known as Kyai. Boarding school is also developing a system in various fields among which the field of personality development, social development, academic development and skills development. Besides boarding schools alsoprovide teaching and training courses for its students one of which is training the art of calligraphy.This activity has affected students in activities, not only meet the needs of aesthetic alone, but also can provide improved creativity for students, in addition, it also can make an income of matter entrepreneurs from the calligraphic works they have made ??in various shapes beautiful so in the interest of the public in connection with a high resalevalue.

The approach used in this study is a quantitative approach to the design of correlational research.The technique of collecting data through questionnaires, observation, and documentation.Sampling was guided by Suharsimi Arikunto which states that: If the subject is less than 100, better taken all that research is the study population.But if the subject is a large number more than 100, it can be 10 percent to 15 percent or 20 percent to 25 percent or more.Based on these considerations, then take a sample of 30 students out of a population of 80 students who are training the art of calligraphy.To increase confidence in the results, the results of research through the validity and reliability of the instrument.In addition, the validity of the test is also carried out usingproduct momentcorrelation and reliability testing using the formulacroanbach's alpha.

Research data indicate that there is a correlation or is a positive relationship between the implementation system of the cottage and calligraphy art training with life skills of students in boarding Attanwir Talun Sumberrejo Bojonegoro.This is shown by the price of r count is greater than r table 0.678 up 0.361.The relationship between the two variables included in the strong category, because it is in the interval coefficient from 0.60 to 0.799.Significance test results also show that the price of t is greater than t table 4.879 up 2.048 so it can be concluded that there is a positive and significant relationship between the implementation system of the cottage and calligraphy art training with life skills level students.

Keywords :Execution Systems Training cottage and Calligraphy Art, Life Skills.

ABSTRAK

PELAKSANAAN SISTEM PONDOK DAN PELATIHAN SENI KALIGRAFI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILL) BAGI SANTRI DI PONDOK PESANTREN ATTANWIR TALUN SUMBERREJO BOJONEGORO

Pondok pesantren merupakan sebuah asrama pendidikan tradisional, dimana para santrinya semua tinggal bersama dan belajar di bawah bimbingan guru yang lebih dikenal dengan sebutan Kyai. Pondok pesantren juga mengembangkan sistem dalam berbagai bidang diantaranya yaitu bidang pengembangan kepribadian, pengembangan sosial, pengembangan akademik dan pengembangan keterampilan. Selain itu pondok pesantren juga memberikan pembelajaran dan pelatihan kursus bagi santrinya salah satunya yaitu pelatihan seni kaligrafi. Kegiatan ini telah banyak mempengaruhi santri dalam beraktifitas, tidak hanya memenuhi kebutuhan estetis semata, namun juga dapat memberikan peningkatan kreatifitas bagi santri, di samping itu juga dapat menjadikan sebuah penghasilan materi wirausaha dari hasil karya kaligrafi yang mereka buat dalam berbagai macam bentuk yang indah sehingga di minati masyarakat sehubungan dengan nilai jualnya yang tinggi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Pengambilan sampel berpedoman pada Suharsimi Arikunto yang menyatakan bahwa: Apabila subjek kurang dari 100, lebih baik diambil semua sehingga penelitiannya adalah penelitian populasi. Tetapi jika jumlah subjeknya besar atau lebih dari 100, dapat diambil 10 persen sampai 15 persen atau 20 persen sampai 25 persen atau lebih. Berdasarkan pertimbangan tersebut, maka diambil sampel sebanyak 30 santri dari jumlah populasi yaitu 80 santri yang sedang mengikuti pelatihan seni kaligrafi. Untuk meningkatkan kepercayaan hasil penelitian maka hasil penelitian melalui uji validitas dan reliabilitas instrumen. Selain itu, uji validitas juga dilakukan menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus croanbachs alpha. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi atau hubungan yang positif antara pelaksanaan sistem pondok dan pelatihan seni kaligrafi dengan kecakapan hidup santri di pondok pesantren Attanwir Talun Sumberrejo Bojonegoro. Hal ini ditunjukkan dengan harga r hitung lebih besar dari r tabel 0,678 lebih besar 0,361. Hubungan antara kedua variabel termasuk dalam kategori kuat, karena berada pada interval koefisien 0,60 sampai 0,799. Hasil uji signifikansi juga menunjukkan bahwa harga t hitung lebih besar dari t tabel 4,879 lebih besar 2,048 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pelaksanaan sistem pondok dan pelatihan seni kaligrafi dengan tingkat kecakapan hidup santri.

Kata kunci :Pelaksanaan Sistem Pondok dan Pelatihan Seni Kaligrafi, Kecakapan Hidup.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-10-04

How to Cite

ADIB IHSAN, M. (2016). PELAKSANAAN SISTEM PONDOK DAN PELATIHAN SENI KALIGRAFI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILL) BAGI SANTRI DI PONDOK PESANTREN ATTANWIR TALUN SUMBERREJO BOJONEGORO. J+PLUS UNESA, 5(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/17294
Abstract views: 47 , PDF Downloads: 268