PERAN TUTOR DALAM MEMOTIVASI BELAJAR KLIEN REGULER DI UPT REHABILITASI SOSIAL ANAK NAKAL SURABAYA

Authors

  • DIO FERDAN PRATAMA

Abstract

PERAN TUTOR DALAM MEMOTIVASI BELAJAR KLIEN REGULER DI UPT REHABILITASI SOSIAL ANAK NAKAL SURABAYA

Peran tutor dalam memotivasi belajar klien reguler di UPT Rehabilitasi Sosial Anak Nakal Surabaya meliputi peran pengajar untuk membangkitkan hasrat dan keinginan untuk berhasil pada klien reguler atau peserta didik, peran pembimbing untuk mendorong dan menyadarkan akan kebutuhan belajar, dan peran evaluator untuk membangkitkan peserta didik agar memperoleh penghargaan dalam belajar.

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan dan menggambarkan peran-peran yang dilakukan tutor dalam memotivasi belajar klien reguler serta faktor pendukung dan penghambat peran tutor dalam memotivasi belajar klien reguler. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah tutor, peserta didik, dan kepala UPT Rehabilitasi Sosial ANKN Surabaya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis menggunakan koleksi data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data, serta di uji dengan standar utama untuk menjamin kepercayaan dan kebenaran hasil penelitian diantaranya: kredibilitas, dependabilitas, konfirmabilitas dan transferabilitas.

Hasil dari penelitian ini adalah bahwa tutor sangat berperan aktif dalam memotivasi belajar klien reguler melalui peran-peran antara lain adalah peran tutor sebagai pengajar untuk membangkitkan hasrat dan keinginan untuk berhasil pada peserta didik melalui kegiatan pengajaran yaitu morning meeting, peran pembimbing untuk mendorong dan menyadarkan akan kebutuhan belajar melalui arahan dan komunikasi dalam pemecahan masalah, dan peran evaluator untuk membangkitkan peserta didik agar memperoleh penghargaan dalam belajar melalui skor atau penilaian. Faktor-faktor pendukung peran tutor yaitu suasana belajar yang baik dan terjalinnya hubungan baik antara UPT Rehabilitasi Sosial Anak Nakal Surabaya dengan orang tua peserta didik. Faktor-faktor penghambat peran tutor yaitu sarana dan prasarana yang belum lengkap.

Kata kunci:Peran Tutor

Motivasi Belajar

THE TUTOR’S ROLE IN MOTIVATING THE REGULAR CLIENT TO STUDY IN UPT SOCIAL REHABILITATION OF NAUGHTY CHILDREN SURABAYA

The tutor’s role in motivating the regular client to study in UPT Social Rehabilitation of Naughty Children Surabaya involved the educator’s role to raise interest and willing to be success to the regular client or learner, the counselor’s role to motivate and make aware for the learning needs, and the evaluator’s role to raise the learner to get appreciation in learning.

This research had purpose to describe and depict the roles done by the tutor in motivating the regular client to study and the support and obstruction factors of the tutor’s role in motivating the regular client to study. The method used in this research was descriptive qualitative approach. The subject was tutor, learner, and the head of UPT Social Rehabilitation of ANKN Surabaya. The data collection method used was interview, observation, and documentation. The data was then analyzed using data collection, data reduction, data presenting, and data verification, and was tested by the main standard to insure the reliability and validity of the research result such as: credibility, dependability, confirmable, and transferability.

The result of this research was that the tutor had very active role in motivating the regular client to study through the roles such as the tutor’s role as educator to raise interest and willing to be success to the learners through teaching activity i.e. morning meeting, the counselor’s role to motivate and make aware for the learning needs through guidance and communication in problem solving, and the evaluator’s role to raise the learners to get appreciation in learning through score or assessment. The support factors of the tutor’s role were good learning atmosphere and good relationship between UPT Social Rehabilitation of Naughty Children Surabaya and the learners’ parents. The obstruction factors of the tutor’s role were the incomplete facility and infrastructure.

Keywords: Tutor’s role,learning motivation

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-10-04

How to Cite

FERDAN PRATAMA, D. (2016). PERAN TUTOR DALAM MEMOTIVASI BELAJAR KLIEN REGULER DI UPT REHABILITASI SOSIAL ANAK NAKAL SURABAYA. J+PLUS UNESA, 5(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/17295
Abstract views: 70 , PDF Downloads: 3093