PENGARUH PELATIHAN KETERAMPILAN KERJA TERHADAP SIKAP KEMANDIRIAN REMAJA PUTUS SEKOLAH DI UPT PELAYANAN SOSIAL REMAJA TERLANTAR JOMBANG

Authors

  • Anies Chalimatul Fauziah

Abstract

PENGARUH PELATIHAN KETERAMPILAN KERJA TERHADAP SIKAP KEMANDIRIAN REMAJA PUTUS SEKOLAH DI UPT PELAYANAN SOSIAL REMAJA TERLANTAR JOMBANG

Pelaksanaan program pelatihan keterampilan kerja di UPT Pelayanan Sosial Remaja Terlantar Jombang merupakan upaya yang diberikan kepada remaja putus sekolah dalam meningkatkan sikap kemandirian agar klien mendapatkan bekal keterampilan ketika memasuki dunia kerja dan mampu memenuhi kebutuhan dirinya sendiri tanpa meminta bantuan pada orang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui pelaksanaan pelatihan keterampilan kerja 2) mencari pengaruh program pelatihan keterampilan kerja terhadap sikap kemandirian remaja putus sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode expo-facto, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan pelatihan keterampilan kerja di Pelayanan Sosial Remaja Terlantar Jombang tergolong kurang efektif dengan prosentase 47,5% dan sikap kemandirian yang dimiliki para peserta didik tergolong cukup mandiri dengan prosentase 38,8%. Dengan koefisien determinasi sebesar 0,1% yang artinya pelatihan keterampilan kerja mempengaruhi tingkat sikap kemandirian sebesar 0,1%. Sedangkan 99,9% merupakan faktor yang mempengaruhi variabel Y dari faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Hasil yang diperoleh adalah variabel (X) Pelatihan Keterampilan kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel (Y) Sikap Kemandirian remaja terlantar putus sekolah di PSRT Jombang. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil analisis kolerasi product moment sebesar 0,038 dibandingkan dengan r table dengan tingkat signifikan 5% N=103 sebesar 0,1937. Dari hasil analisis uji t diketetahui bahwa hasil perhitungan uji t sebesar 0,382, sedangkan pada t tabel adalah 1,983 pada taraf signifikansi 5% dan didukung dengan hasil perhitungan ANOVA menunjukkan hasil perhitungan F sebesar 0,146 dan probabilitas (Sig.) 0,703 yang merupakan lebih besar dibandingkan dengan taraf signifikansi 0,05, atau Sig 0,703 > 0,05 yang berarti bahwa Ho diterima.

Kata kunci: pelatihan keterampilan, sikap kemandirian

ABSTRACT

THE IMPACT OF JOB SKILLS TRAINING ON THE INDEPENDENCE ATTITUDE OF YOUTH DROP SCHOOL IN UPT PELAYANAN SOSIAL REMAJA TERLANTAR JOMBANG

Job skills training programs in UPT Pelayanan Sosial Remaja Terlantar Jombang an effort given to dropout in improving self-reliant attitude that clients get the provision of skills when entering the world of work and able to meet the needs of themselves without asking for help to other people. The purpose of this study was to 1) investigate the implementation of job skills training 2) seek to influence job skills training program on the attitudes of adolescents drop out of school autonomy. This study uses a quantitative approach using expo-facto method, data collection techniques using questionnaires, observation, interviews and documentation. Data analysis techniques used are validity, reliability, classic assumption test and simple linear regression. The results of this study indicate job skills training in Pelayanan Sosial Remaja Terlantar Jombang classified as less effective with a percentage of 47.5% and a self-reliant attitude owned by the learners is quite self-contained with a percentage of 38.8%. With the determination coefficient of 0.1%, which means job skills training affect the level of independence stance by 0.1%. While 99.9% is a factor that affects the variable Y from other factors not examined by researcher. The results obtained are variable (X) Job Skills Training no significant effect on the variable (Y) Attitude Independence displaced adolescent dropouts in psrt Jombang. This is shown from the analysis of product moment correlation of 0.038 compared with r table with a significant level of 5% N = 103 at 0.1937. From the analysis of the t test diketetahui that the result of calculation t test of 0.382, while the t table is 1,983 at a significance level of 5% and is supported by the calculation of ANOVA showed calculation results F amounted to 0,146 and the probability (Sig.) 0,703 which is greater than the significance level of 0.05, or Sig 0.703> 0.05, which means that Ho is accepted.

Keywords: skills training, independent attitude

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-10-04

How to Cite

Chalimatul Fauziah, A. (2016). PENGARUH PELATIHAN KETERAMPILAN KERJA TERHADAP SIKAP KEMANDIRIAN REMAJA PUTUS SEKOLAH DI UPT PELAYANAN SOSIAL REMAJA TERLANTAR JOMBANG. J+PLUS UNESA, 5(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/17299
Abstract views: 124 , PDF Downloads: 555