HUBUNGAN ANTARA PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KEJAR PAKET B MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SKB KABUPATEN MALANG

  • AAN ASHARI

Abstract

Abstrak

Salah satu satuan pendidikan luar sekolah adalah pendidikan kesetaraan atau yang sering dikenal dengan sebutan kejar paket yang berkaitan kenyataan yang ada di SKB Kabupaten Malang pelaksanaan pembelajaran yang masih menggunakan metode konvensional atau ceramah kurang efektif karena pembelajaran menjadi kurang variatif dan tidak menyenangkan peserta didik menjadi jenuh dan bosan hal ini menunjukkan masih perlu adanya peningkatan dalam proses pengelolaan dan proses pembelajarannya penggunaan sarana prasana pendukung pelaksanaan pembelajaran juga kurang karena peserta didik biasanya hanya mencatat apa yang ada di papan tulis Oleh karena itu dalam penelitian ini menggunakan penerapan pendekatan contextual teaching and learning untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SKB Kabupaten Malang Pendekatan contextual teaching and learningadalah pembelajaran yang dimulai dengan sajian tanya jawab lisan yang terkait dengan dunia nyata peserta didik sehingga akan terasa manfaat dari materi yang akan disajikan motivasi belajar muncul dunia pikiran peserta didik menjadi konkret dan suasana belajar menjadi kondusif efektif menyenangkan dan yang paling penting motivasi belajar peserta didik meningkat Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui korelasi antara pendekatan contextual teaching and learning dengan motivasi belajar peserta didik kejar paket B di SKB Kabupaten Malang

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 30 orang yang merupakan peserta didik program pendidikan kesetaraan Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket observasi dan dokumentasi Sedangkan teknik analisis data menggunakan rumus product moment untuk menganalisis hasil angket dan persentase untuk hasil observasi

Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga r hitung besar dari r tabel 0,615 lebih dari sama dengan 0,361 yang artinya terdapat korelasi yang positif antara pendeketan contextual teaching and learning terhadap motivasi belajar Hubungan antara kedua variabel termasuk dalam kategori kuat karena berada pada interval koefisien 0,60 sampai 0,799 Hasil uji signifikansijuga menunjukkan bahwa hargahitung lebih besar dari t tabel 4,12 lebih dai sama dengan 2,048 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pendekatan contextual teaching and learning dengan motivasi belajar hasil tersebut didukung dengan hasil perhitungan persentase yang menghasilkan untuk pendekatan contextual teaching and learning sebesar 92,91 persen yang termasuk dalam kategori pelaksanaan sangat baik dan motivasi belajar sebesar 72,5 persen yang termasuk dalam kategori pelaksanaanya baik Sedangkan kontribusi yang diberikan oleh pendekatan contextual teaching and learning terhadap motivasi belajar adalah 37,8 persen Saran yang diberikan adalah pendekatan contextual teaching and learning untuk pamong belajar agar tidak putus asa dalam memberikan motivasi kepada peserta didik agar mau untuk mengikuti pembelajaran Untuk peserta didik supaya lebih rajin lebih ditingkatkan lagi belajarnya dan lebih semangat dalam belajar Serta pengelola SKB melengkapi fasilitas belajar agar motivasi belajar peserta didik meningkat

Kata Kunci Pendekatan Contextual Teaching And Learning Motivasi Belajar

Abstract

One of the out school education units was the equivalent education or as known as Kejar Paket regarding with the fact in SKB Malang regency learning implementation still used conventional method or ineffective speech because learning became less varieties and not fun the learners became bored It indicated it still required the enhancement in management process and learning process the usage of support facility and infrastructure of learning implementation was still less because the learner usually only wrote the writing on the blackboard Therefore this research used the application of contextual teaching and learning approaches to enhance the learning motivation of learners in SKB Malang regency Contextual teaching and learning approaches were learning which was begun by presenting oral question answer regarding with the real world of learners so the utility of the material presented would be felt the learning motivation raised the learners thinking world became concrete and the learning atmosphere became conducive effective fun and the most important one was the learning motivation of learners increasing The purpose of this research was to know the correlation between contextual teaching and learning approaches with learning motivation of Kejar Paket B learners in SKB Malang regency

This research used quantitative approach with correlation research The amount of respondents in this research was 30 people who were the learners of equivalent education program The data collection method used was questionnaire observation and documentation The data analysis technique used product moment formula to analyze the result of questionnaire and percentage for the observation result

The research result indicated that r counted was greater than r table 0,615 more than equal to 0,361 it meant that there was positive correlation between contextual teaching and learning approaches toward learning motivation The relationship among the two variables including strong category because it was in coefficient interval 0,60 to 0,799 The result of significance test also indicated that the counted rate was greater than t table 4,124 more than equal to 2,048 so it could be concluded that there was positive and significant relationship between contextual teaching and learning approaches with the learning motivation this result was supported by the result of percentage counting which resulted for contextual teaching and learning approaches 92,91 percent including very good implementation category and learning motivation 72,5 percent including good implementation category The contribution given by contextual teaching and learning approaches toward learning motivation was 37,8 percent The suggestion given was contextual teaching and learning approaches for educators so that they were not hopeless in giving motivation to the learners in order to join learning and for the learners so that they were more diligent were enhanced more their learning and were more spirit in learning and the SKB manager completed the learning facility in order that the learners learning motivation enhanced

Keywords Contextual teaching and learning approaches learning motivation

Published
2017-01-27
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 28