MANAJEMEN PEMBELAJARAN PADA LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK (STUDI PADA LBB KLINIK BELAJAR EDU PRIVAT DI KOTA BARU DRIYOREJO GRESIK)

  • MEGA WULANDARI

Abstract

Abstrak

Bimbingan belajar merupakan suatu proses pemberian bantuan kepada individu yang dilakukan secara terus menerus sehingga terjadi suatu perubahan yang terjadi dalam diri individu. Bimbingan belajar yang dimaksud dalam penelitian ini adalah satuan pendidikan nonformal sejenis yang menyelenggarakan pembelajaran untuk menambah pengetahuan peserta didik mengenai mata pelajaran yang dilaksanakan pendidikan formal. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis manajemen pembelajaran pada lembaga bimbingan belajar dalam meningkatkan kompetensi peserta didik di Klinik Belajar Edu Privat yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggerak, dan pengawasan.

Pendekatan dan jenis rancangan penelitian dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data tersebut digunakan untuk mengumpulkan data penelitian tentang manajemen pembelajaran pada lembaga bimbingan belajar dalam meningkatkan kompetensi peserta didik. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Kriteria keabsahan data meliputi kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas.

Hasil penelitian ini adalah manajemen pembelajaran pada lembaga bimbingan belajar di Klinik Belajar Edu Privat terbukti meningkatkan kompetensi peserta didik. Perencanaan pembelajaran dengan membentuk silabus pembelajaran; mengidentifikasi kebutuhan belajar, dan; membuat rencana pembelajaran. Pengorganisasian pembelajaran yang dilakukan yaitu memilih teknik belajar yang sesuai dengan materi; menggunakan alat bantu belajar; mengatur jumlah peserta didik dalam satu kelas; serta menggunakan strategi yang tepat untuk menyampaikan peraturan. Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan yaitu memperkokoh motivasi belajar peserta didik, dan; memilih strategi pembelajaran yang sesuai. Pengawasan pembelajaran yang dilakukan yaitu mengevaluasi pembelajaran dengan latihan soal; mengukur hasil belajar, dan; mengevaluasi tujuan pembelajaran selama satu semester. Kompetensi yang telah dicapai yaitu pengetahuan, pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis dan evaluasi.

Kata Kunci : Manajemen pembelajaran, kompetensi

Published
2017-06-08
Abstract Views: 183
PDF Downloads: 1987