Hubungan Antara Kinerja Tutor dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Budi Utama Kecamatan Jambangan Kota Surabaya

  • AHMAD FIRDAUS SARDIYANTO

Abstract

Abstrak

Kinerja tutor merupakan tingkat keberhasilan tutor dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya serta kemampuan untuk mencapai tujuan dan standar yang telah ditetapkan. Motivasi belajar ini merupakan perubahan energi dalam diri peserta didik yang berbentuk suatu aktivitas nyata berupa kegiatan dalam belajar. Karena seseorang mempunyai tujuan tertentu dari aktivitasnya, maka seseorang mempunyai motivasi yang kuat untuk mencapainya dengan segala upaya yang dapat dia lakukan untuk mencapainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi antara kinerja tutor dan motivasi belajar peserta didik paket C di PKBM Budi Utama Kecamatan Jambangan Kota Surabaya.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 30 peserta didik Paket C. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan uji normalitas dan uji linieritas. Sedangkan teknis analisis data menggunakan rumus product moment untuk menganalisis hasil angket.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa r hitung lebih besar dari r tabel 0,709 0,361 yang artinya terdapat korelasi yang positif kinerja tutor dan motivasi belajar peserta didik. Hubungan antara kedua variabel termasuk dalam kategori kuat karena berada pada interval koefisien 0,60 0,799. Hasil uji signifikansi juga menunjukkan bahwa harga t hitung lebih besar dari t tabel 5,318 2,048 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kinerja tutor dan motivasi belajar peserta didik.

Kata kunci Kinerja Tutor, Motivasi Belajar

Abstract

Performance tutor is a level of success in carrying out their duties and responsibilities as well as the ability to achieve the goals and standards that have been set.Motivation to learn is the energy change in the self-learners in the form of a real activity in the form of activities in learning. Because someone has a specific purpose of the activity, the person has a strong motivation to achieve with every effort he can do to achieve it. The purpose of this study was to determine the correlation between the performance of tutors and learners motivation Paket C PKBM Budi Utama District Jambangan of Surabaya.

This study uses a quantitative research approach to the type of correlational reseach. The number of respondents in this study were 30 learners Paket C. The data collection technique used was a questionnaire, observation, and documentation.This study uses a test for normality and linearity test.While the technical data analysis using product moment formula to analyze the results of questionnaires.

The results showed that r count is greater than r table 0.709 0.361, which means there is a positive correlation tutors performance and motivation of learners.The relationship between the two variables included in the strong category because they are at the interval coefficient of 0.60 0.799. significance test result also show that the price of t is greater than t table 5.318 2.048 so it can be conculded that there is a positive and significant relationship between tutors performance and motivation of learners.

Keywords Tutor Performance, Learning Motivation

Published
2017-06-08
Abstract Views: 95
PDF Downloads: 201