MENINGKATKAN MOTIVASI WIRAUSAHA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN WIRAUSAHA APLIKATIF WARGA BELAJAR KEJAR PAKET C DI PKBM YALATIF JOMBANG

  • PURI YENITA NUGRAHA

Abstract

Abstrak

Dalam proses pembelajaran kemampuan tutor menggunakan strategi pembelajaran adalah penting. Tutor perlu menerapkan suatu strategi pembelajaran yang mampu mengembangkan kemampuan berpikir warga belajar secara optimal. Salah satunya adalah strategi pembelajaran wirausaha aplikatif yang digunakan PKBM Yalatif Jombang untuk meningkatkan motivasi berwirausaha warga belajar kejar paket C, dalam strategi pembelajaran wirausaha aplikatif terdapat lima tahapan pembelajaran yaitu kegiatan pembelajaran pendahuluan, penyampaian informasi, partisipasi siswa, tes, dan kegiatan lanjutan.

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di PKBM Yalatif Jombang, dengan teknik pengumpulan data observasi partisipatif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah koleksi data, reduksi data, display data dan verifikasi data. Sedangkan dalam uji keabsahan data peneliti menggunakan kredibilitas, dependabilitas, konfirmabilitas, dan transferabilitas.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyelenggara strategi belajar wirausaha aplikatif telah berhasil di terapkan pada pendidikan kewirausahaan warga belajar kejar paket C di PKBM Yalatif Jombang, dimana dapat dilihat dari terselesainya tahap kegiatan belajar pendahuluan, penyampaian informasi, partisipasi siswa, tes dan kegiatan lanjutan serta terbentuknya rintisan usaha warga belajar. Motivasi kewirausahaan dibuktikan dengan tumbuh serta meningkatnya semangat dalam berwirausaha, kepemimpinan dalam berwirausaha, kepemimpinan dalam berwirausaha, pantang menyerah dalam berwirausaha serta komitmen dalam berwirausaha. Kelebihan stretegi belajar wirausaha aplikatif adalah memiliki tahapan yang runtut dan sistematis sehingga menghasilkan warga belajar yang terampil dan memiliki semangat tinggi dalam berwirausaha serta strategi pembelajaran wirausaha apikatif ini dapat diterapkan kepada semua warga belajar yang memiliki minat dan potensi yang berbeda secara maksimal karena jenis wirausaha yang dipilih di sesuaikan dengan minat warga belajar sendiri sendiri, serta dalam program proses pembelajaran warga belajar mendapatan bimbingan yang dilakukan oleh tutor kepada warga belajar dalam aplikasi usaha. Sedangan kelemahan strategi pembelajaran wirausaha aplikatif adalah proses tidak akan maksimal jika warga belajar tidak mengikuti tahapan tahapan yang diberikan oleh tutor.
Kata kunci Pendidikan Kewirausahaan, Strategi Pembelajaran, Wirausaha Aplikatif, Motivasi Wirausaha.

Abstract

In the learning process tutors ability to use learning strategy is crucial.Tutor need to implement a learning strategy that is able to develop the ability to think of learning people optimally.One is a strategy used to learn entrepreneurial applicative PKBM Yalatif Jombang to increase motivation of citizens to learn entrepreneurship Packet C, in the entrepreneurial learning strategy applied are six stages of learning, namely the identification of business interest, business management, theory application, mentoring test stage final task and evaluation stage.

The research approach used is qualitative descriptive. This research was conducted in PKBM Yalatif Jombang,using technique of data collection participative observation, deep interview and documentation. Data analysis technique uses data collection, data reduction, data display and data verification. While the researcher used data validity tests of credibility, dependability, conformability, and transferability.

The result of this study indicate that the organizers of entrepreneurial learning strategy has been applied successfully in entrepreneurship education for learning people Packet C in PKBM Yalatif Jombang, which can be seen from stage Motivation is evidenced by the growing entrepreneurial spirit as well as the increase in berwira-business, leadership in entrepreneurship, leadership in entrepre-neurship, unyielding in entrepreneurship and commitment in entrepreneurship and the formation of the pioneering efforts of learning people. Evidenced by growing entrepreneurial motivation and increased self confidence, more willing to take risks, have the leadership, originality, and oriented to the future. Excess applicative entrepre neurial learning strategy is to have a coherent and systematic stages so as to produce skilled learning people and high spirit of entrepreneurship as well as the entrepreneurial learning strategy is applicable can be applied to all learners who have different interests and potential to the fullest because type of entrepreneur who been adapted to the interests of citizens to learn on their own, as well as in the learning process learners program guidance conducted by the tutor to the participants in the business application. While the weaknesses of applied entrepreneurial learning strategy is the process will not be maximized if people learn not to follow the steps given by tutor.

Keywords Entrepreneurship Education, Learning Strategy, Applicative Entrepreneurship Entrepreneurship Motivation.

Published
2017-06-08
Abstract Views: 67
PDF Downloads: 404