PARTISIPASI ORANG TUA PADA PROGRAM PARENTING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGASUHAN ANAK USIA DINI (Studi Tentang Program Parenting di TK PIKPG Petrokimia Gresik)

  • Gunawan Ainur Rosyid

Abstract

Abstrak

Keluarga merupakan pendidik pertama dan utama bagi anak, anak lebih banyak menghabiskan waktunya dirumah bersama keluarga dari pada di sekolah, sehingga pengetahuan dan pendidik yang dominan adalah berasal dari keluarga. Tetapi banyak orang tua yang belum memahami peran mereka bagi anak, orang tua beranggapan bahwa tanggung jawab pendidikan anak hanya pada lembaga pendidikan saja sehingga dibentuklah program parenting untuk menyadarakan orang tua pentingnya pengasuhan yang mereka lakukan di rumah serta mensinergikan antara pendidikan yang diperoleh anak ketika di sekolah dan dirumah. TK PIKPG Petrokimia Gresik merupakan salah satu lembaga yang menyelenggarakan program parenting.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul maka dilakukan analisisi data yang meliputi reduksi data, display data, dan verifikasi. Untuk uji keabsahan data peneliti menggunakan kredibilitas dengan triangulasi dan member check, disamping itu juga dilakukan dependabilitas, konfirmabilitas dan transferabilitas terhadap proses dan hasil penelitian.Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi orang tua dapat terbagi dalam partisipasi tidak langsung dan langsung. Partisipasi orang tua tersebut dilakukan tidak hanya dalam lingkungan keluarga tetapi juga dalam kegiatan di sekolah. Adanya pertisipasi dalam bentuk pikiran, tenaga dan dana. Pertisipasi orang tua tersebut tidak hanya dilakukan dalam lingkungan keluarga tetapi juga dalam kegiatan di sekolah. Adanya pertisipasi pada program parenting menambah wawasan dan pengetahuan orang tua tentang cara pengasuhan yang benar, kelebihan dari program parenting untuk meningkatkan pengasuhan adalah perubahan sikap dan pola pikir orang tua terhadap anak, orang tua yang awalnya kurang memahami dan mengetahui apa saja yang harus dilakukan melalui kemampuan pengasuhan orang tua terhadap anak.

Kata kunci: partisipasi orang tua, parenting, kemampuan pengasuhan

Abstract

Family is the first and the main educator for the children. Spend their time more in their family rather than in the school. Therefor, the dominant knowledge and educatiun come form the family. Unfortunately, some parents do not know their role for their children. They assume that the educational resposibility is only given to the institution. Based on this case the parenting program is made to make the parents aware of the importence of their parenting in their home and to synergize between home education and school education. PIKPG Kindergarten Petrokimia Gresik is one of thr institutions which conduct the parenting program.This research is conducted by using qualitative approach. The data is collected trough interview, observation, and documentation. The collected data is analyzed by data reduction, data display, and verification. To measure the validity of the research, the researcher also cinduct dependability, comformability, and transferability in each research result.The result of the research shows the parents’ participation is divided into direct and indirect participation. These kinds of participation are not only in the family but also in the school. This participation improves parents’ knowledge in the parenting skill. It proven by the changing of the parents’ attitude and thought for the children. The parents are lack of the information about important things in their children’s development in the first time. After getting the parenting program, they know more about what they should do to educate their children.

Keywords: Parents participation, parenting, parenting skill

Published
2017-06-08
Abstract Views: 20
PDF Downloads: 21