HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KEJAR PAKET B DI UPT SKB CERME GRESIK 

  • RATNA DEWI SAADAH

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini berdasarkan observasi yang dilatarbelakangi oleh motivasi belajar yang merupakan segala sesuatu yang ditujukan untuk mendorong dan memberikan semangat kepada peserta didik dalam melakukan kegiatan belajar, kecerdasan emosional yang merupakan kemampuan peserta didik untuk mengenali perasannya sehingga dapat mengatur dirinya dan menumbuhkan motivasi dalam dirinya, yang dapat memberikan konstribusi terhadap hasil belajar yang merupakan pencapaian tujuan pendidikan pada peserta didik yang mengikuti proses belajar mengajar sesuai dengan tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar koefisiensi korelasi antara motivasi belajar dan kecerdasan emosional dengan hasil belajar peserta didik program kejar paket B di UPT SKB Cerme Gresik.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 30 peserta didik program kejar paket B. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Karena penelitian ini merupakan regresi ganda, penelitian ini menggunakan uji prasyarat analisis. Sedangkan teknik analisis data menggunakan rumus product moment untuk meganalisis hasil angket dan raport.

Hasil penelitian korelasi antara motivasi belajar dengan hasil belajar menunjukkan r hitung lebih besar dari r tabel (0,699>0,361). Hasil uji signifikansi juga menunjukkan t hitung lebih besar dari t tabel (5,171>2,048). Sementara untuk hasil penelitian korelasi kecerdasan emosioal dengan hasil belajar menunjukkan bahwa r hitung lebih besar dari r tabel (0,638>0,361). Hasil uji signifikansi juga menunjukkan t hitung lebih besar dari t tabel (4,383>2,048). Dan untuk hasil penelitian korelasi motivasi belajar dan kecerdasan emosional secara bersama-sama dengan hasil belajar menunjukkan bahwa r hitung lebih besar dari r tabel (0.722>0,361). Hasil uji signifikansi juga menunjukkan bahwa F hitung lebih besar daripada F tabel (14,44>3,35). Hubungan antara ketiga variabel tersebut termasuk dalam kategori kuat karena berada pada interval koefisiensi 0,60 – 0,799. Sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan kecerdasan emosional dengan hasil belajar. Peserta didik.

Published
2017-06-08
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 22