HUBUNGAN PERSEPSI  ORANG TUA PADA PROGRAM PARENTING EDUCATION DENGAN  PENGASUHAN ANAK USIA DINI DI UPTD SKB CERME KABUPATEN GRESIK

  • RIZKI DWI ANTARI

Abstract

Kegiatan parenting education adalah bentuk kegiatan informal yang dilakukan untuk menyelaraskan kegiatan pembelajaran di lembaga dan di rumah. Peran orang tua dalam bidang pendidikan merupakan suatu upaya melibatkan orang tua dalam perencanaan, pelaksanaan serta pengawasan pendidikan. Pola asuh merupakan bagian dari proses pemeliharaan anak dengan menggunakan teknik dan metode yang menitikberatkan pada kasih sayang dan ketulusan cinta yang mendalam dari orang tua.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengaruh adanya program Parenting Education terhadap pola asuh orang tua kepada anak di UPT SKB Cerme Gresik, (2) Mengetahui faktor-faktor program Parenting Education terhadap pola asuh orang tua kepada anak di UPT SKB Cerme Gresik.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif , dengan sampel jenuh yaitu seluruh populasi dijadikan responden, dengan jumlah populasi 29 orang. Tua peserta didik. Pengambilan data yang dilakukan pertama kali ialah dengan mengajukan uji validitas data terhadap 10 responden di tempat yang berbeda, yang kemudian dianalisa menggunakan teknik analisis Kendal tau dengan bantuan SPSS 21.0 for Windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan Program taman Kanak-kanan dan kelompok belajar di UPTD SKB Cerme Gresik, diketahui instrumen data dilihat dari perhitungan reliabilitas angket variabel parenting education uji reliabilitas alat ukur tiap-tiap item yang valid telah diperoleh dapat dikategorikan sangat andal yaitu antara 0,80 – 1,00 dan nilai alpha sebesar = 0.983 ini Pelaksanaan program parenting education kategori sangat andal, dalam arti memberikan pengaruh yang tinggi.

Sedangkan pada variabel pola asuh orang tua kepada anak di UPTD SKB Cerme Gresik, diketahui instrumen data dilihat dari perhitungan reliabilitas angket variabel pola asuh orang tua kepada anak untuk uji reliabilitas alat ukur tiap-tiap item yang valid telah diperoleh dapat dikategorikan sangat andal yaitu antara 0,80 – 1,00 dan nilai alpha sebesar = 0.977  dan termasuk  kategori sangat andal, dalam arti variabel ini dipengarhi oleh variabel parenting education dengan taraf yang sangat tinggi. Sehingga disimpulkan adanya pengaruh pelaksanaan program parenting education  terhadap pola asuh orang tua kepada anak di UPTD SKB Cerme Gresik yaitu menunjukkan korelasi dan pengaruh yang positif.

Kata kunci : Parenting Education dan Pola Asuh Orang Tua

Published
2017-06-08
Abstract Views: 14
PDF Downloads: 106