PELATIHAN KERAJINAN MEUBELER DENGAN PENDEKATAN TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME DALAM MEMANDIRIKAN WARGA BINAAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS IIB LAMONGAN

  • YAYANG NUR AMALIYAH

Abstract

Abstrak

Pelatihan merupakan aspek penting dalam meningkatkan kemampuan seseorang serta menjadi bekal untuk menjalani kehidupan. Terutama bagi warga binaan agar dapat hidup mandiri setelah keluar dari penjara dan dapat berperan aktif di dalam masyarakat. Pelatihan diselenggarakan sebagai bentuk dari pembinaan. Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Lamongan memilih untuk menyelenggarakan pelatihan kerajinan meubeler sebagai bentuk pembinaan kemandirian bagi warga binaan. Dalam menjalankan suatu pelatihan harus disesuaikan dengan kebutuhan peserta pelatihan. Warga binaan yang merupakan orang dewasa membutuhkan pendekatan khusus agar materi pelatihan bisa diterima dengan baik. Dalam hal ini, pelatihan kerajinan meubeler menggunakan pendekatan teori belajar konstruktivisme dalam membentuk warga binaan menjadi lebih mandiri. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah ada hubungan antara pelatihan kerajinan meubeler dengan menggunakan pendekatan teori belajar konstruktivisme dan  kemandirian warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan klas IIB Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mengetahui adanya hubungan dari satu variabel bebas terhadap satu variabel terikat. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode angket, observasi serta dokumentasi. Penelitian ini menggunakan tiga puluh warga binaan yang mengikuti pelatihan sebagai responden, dan dua puluh warga binaan yang telah mengikuti pelatihan sebelumnya sebagai alat uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menggunakan analisis product moment, menunjukkan bahwa adanya hubungan antara pelatihan kerajinan meubeler dengan kemandirian warga binaan yaitu sebesar 0,921. Dari hasil pengujian hipotesis menunjukkan  lebih besar daripada  yaitu 0,92117 > 0,361. Sehingga hipotesis penulis yang menyatakan bahwa “adanya hubungan antara pelatihan kerajinan meubeler dengan pendekatan teori belajar konstruktivisme dan kemandirian warga binaan” dapat diterima.

Kata Kunci : Pelatihan, Konstruktivisme, Kemandirian             

Published
2017-06-08
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 38