MODEL LAYANAN TAMAN PENITIPAN ANAK (TPA) DI TPA ADNI ISLAMIC ENGLISH SCHOOL SURABAYA

  • USWATUN KHASANAH

Abstract

Abstrak

Taman penitipan anak merupakan salah satu bentuk pendidikan anak usia dini (PAUD) jalur non formal yang diarahkan pada kegiatan pengasuhan anak bagi orang tua yang mempunyai kesibukan bekerja. Semakin banyaknya lembaga penitipan anak tidak menjamin bahwa semua lembaga tersebut memberikan layanan yang sesuai dengan kebutuhan anak dan mengikuti peraturan pemerintah, hal ini terbukti dengan adanya beberapa kasus negatif mengenai lembaga penitipan anak yang tersorot di media cetak dan televisi. Sehingga dirasa sangat perlu untuk dilakukan penelitian mengenai bagaimana layanan yang diberikan di lembaga penitipan anak.

Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah koleksi data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa model layanan yang diberikan di TPA ADNI Islamic English School Surabaya meliputi:(1) Layanan pengasuhan berupa kegiatan belajar dan bermain, pemberian makan dan susu, toileting dan istirahat yang dijadwalkan sesuai dengan kebutuhan anak. (2) Layanan pendidikan berupa kegiatan bermain dan belajar di dalam dan di luar ruangan dengan menggunakan APE dan sumber belajar yang telah disediakan, serta kegiatan pembentukan pembiasaan sikap sopan-santun, kemandirian dan tertib. (3) Layanan kesehatan berupa pemeriksaan gigi dan pemberian vitamin oleh pihak puskesmas, serta pemeriksaan kuku dan telinga oleh pengasuh. Serta pemeliharaan lingkungan dan sarana kegiatan yang digunakan selama kegiatan di TPA. Layanan gizi berupa pemberian makanan yang sesuai dengan gizi seimbang yang dibutuhkan anak. (4) Layanan sarana-prasarana berupa lingkungan belajar di luar dan di dalam ruangan, prasarana belajar berupa gedung milik sendiri dan ruang serbaguna yang bisa digunakan untuk bermain, belajar dan istirahat. Beberapa sarana penunjang seperti peralatan yang mendukung perilaku hidup bersih dan sehat, serta saran belajar yang berupa APE Indoor dan Outdoor. Rekomendasi yang diberikan oleh peneliti terhadap hasil temuan di lapangan yaitu bagi pengelola hendaknya mengkonsultasikan menu makanan yang diberikan pada peserta didik kepada ahli gizi, menyediakan tenaga kebersihan supaya pengasuh bisa lebih fokus dalam kegiatan pengasuhan dan pembelajaran, menambah kegiatan pelatihan kepada pengasuh mengenai materi pembelajaran anak usia dini. Sedangkan bagi pengasuh hendaknya menyempatkan diri untuk mengikuti pelatihan, seminar, dan membaca buku terkait materi pembelajaran anak usia dini, sehingga dapat meningkatkan kompetensi yang dimiliki.

Kata kunci: Model Layanan, dan Taman Penitipan Anak.

Published
2017-06-08
Abstract Views: 287
PDF Downloads: 1152