HUBUNGAN KUALITAS LAYANAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DENGAN KEPUASAN ORANG TUA PESERTA DIDIK DI PG -TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL BEBEKAN SIDOARJO

  • AFIF NURIL ANWAR

Abstract

ABSTRAK

Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang sangat mendasar dan strategis dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Oleh sebab itu, lembaga penyelenggara pendidikan anak usia dini hendaknya dapat memperhatikan kualitas layanan yang diberikan sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan perkembangan anak serta dapat memberikan kepuasan bagi orang tua peserta didik sebagai pelanggan pendidikan.

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan hubungan kualitas layanan PAUD dengan kepuasan orang tua peserta didik menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner, dokumentasi dan wawancara. Sebelum dilakukan analisa data, angket terlebih dahulu akan diuji validitas dan reliabilitasnya. Setelah angket dinyatakan valid dan reliabel, selanjutnya dilakukan teknik analisa data menggunakan uji normalitas, korelasi produk moment, dan uji signifikan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kualitas layanan PAUD dengan kepuasan orang tua peserta didik. Hal ini ditunjukkan dengan harga r hitung lebih besar dari r tabel (0,686 ≥ 0,288) dan hasil uji signifikansi juga menunjukkan bahwa harga t hitung lebih besar dari t tabel (6,490 ≥ 2,021). Kemudian hubungan antara kedua variabel termasuk dalam kategori kuat, karena berada pada interval koefisien 0,60 – 0,799.

Kata Kunci: Kualitas Layanan PAUD, Kepuasan Orang Tua Peserta Didik.

Published
2017-06-08
Abstract Views: 62
PDF Downloads: 66