HUBUNGAN PELATIHAN HANDYCRAFT DENGAN KEMANDIRIAN KLIEN DI LINGKUNGAN PONDOK SOSIAL SURABAYA

  • SANTI GUSTIANA NUGROHO

Abstract

Abstrak

Pelatihan Handycraft merupakan suatu upaya pemberian materi  mengenai keterampilan khususnya dalam bidang kerajinan tangan. Sehingga peserta pelatihan dapat mendapatkan ilmu baru mengenai cara pembuatan suatu barang. Bahan baku dari pelatihan handycraft ini berasal dari berbagai macam limbah, mulai dari limbah kain perca, limbah dapur, dan barang-barang lain yang bernilai jual rendah. Kemandirian merupakan salah satu sifat yang dimiliki manusia secara bertahap selama masa perkembangannya, di mana manusia tersebut selalu berusaha bersikap mandiri untuk menghadapi berbagai situasi yang terjadi di lingkungan sekitar, sehingga mereka dapat berpikir dan bertindak sendiri tanpa bergantung pada orang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pelatihan handycraft, kemandirian klien, dan hubungan antara pelatihan handycraft dengan kemandirian klien di Lingkungan Pondok Sosial Surabaya.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Jumlah responden dalam penelit ian ini adalah 30 klien. Teknik pengumpulan data yang digunakanadalah angket, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan rumus product moment untuk menganalisis hasil angket.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa r hitung lebih besar dari r tabel (0,547>0,361). Hubungan antara kedua variabel termasuk dalam kategori sedang karena berada pada interval koefisien 0,40 – 0,599. Hasil uji signifikansi juga menunjukkan bahwa harga t hitung lebih besar dari t tabel (3,457>2,048) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pelatihan handycraft dengan kemandirian klien.

Kata Kunci: Pelatihan Handycraft dan Kemandirian.

Published
2017-06-08
Abstract Views: 14
PDF Downloads: 48