ANALISIS PENYELENGGARAAN RUMAH USAHA SERUMPUN (RUS) TERNAK ENTOK (MUSCOVY DUCK) SEBAGAI UPAYA MENUMBUHKAN PERILAKU WIRAUSAHA WARGA BINAAN SKB MOJOAGUNG JOMBANG

  • Ike Amalia Rusydiana

Abstract

Abstrak

Pelatihan kewirausahaan seharusnya memberikan hard skill dan soft skill, sehingga alumni warga belajar menjadi terampil dan mampu membuka usaha sendiri. Salah satu program yang dapat memberikan hard skill tetapi juga soft skill adalah model RUS karena RUS merupakan sebuah program yang membina dan mendampingi pelaku usaha dari yang benar-benar belum memahami sepenuhnya tentang tata kelola usaha, strategi pemasaran, administrasi keuangan dan strategi pengelolaan usaha sampai menjadi mahir. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana penyelenggaraan RUS ternak entok sebagai upaya pembentukan perilaku wirausaha warga binaan UPTD SKB Mojoagung Jombang, serta menemukan faktor penghambat dan pendukung penyelenggaraannya.

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek data berasal dari penyelenggara RUS, warga belajar RUS, dan narasumber. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, display data dan verifikasi data. Sedangkan dalam uji keabsahan data menggunakan kredibilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penyelenggaraan Rumah Usaha Serumpun berjalan baik ditandai dengan adanya perubahan pada perilaku wirausaha warga belajar, yaitu perilaku percaya diri, disiplin dan berani mengambil resiko. Faktor pendukung penyelenggaraan RUS sebagai upaya menumbuhkan perilaku wirausaha meliputi, pelaksanaan yang sesuai dengan kebutuhan warga belajar yang belum ada pada program sebelumnya, adanya mitra-mitra yang mendukung, dilaksanakannya pengendalian mutu/pengawasan, pendampingan dan pertemuan rutin, motivasi belajar warga. Faktor penghambatnya meliputi, apabila terjangkit wabah penyakit, maka tidak dapat tertanggulangi dengan cepat karena petugas dari dinas terkait terbatas, proses administrasi setiap perkembangan dan administrasi sering tidak dilakukan warga belajar, pakan ternak yang langka dapat menghambat pemberian pakan ternak.

Kata kunci: RUS, Pembentukan Perilaku, Wirausaha

 

Published
2017-06-08
Abstract Views: 45
PDF Downloads: 47