PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) LOGAM JAYA LARAS UNTUK MENINGKATKAN EKONOMI KELUARGA DI DESA PAJU KECAMATAN PONOROGO KABUPATEN PONOROGO

  • Anisa Cyntia Devi

Abstract

Abstrak

 

Pemberdayaan masyarakat merupakan salah satu program pendidikan luar sekolah yang memberikan ketrampilan kepada masyarakat dalam upaya pemanfaatan sumber daya alam dan pengembangan kualitas sumber daya manusia. Tujuan penelitian ini berdasarkan fokus penelitian adalah mengetahui pelaksanaan program, pemasaran hasil produksi dan dampak program pemberdayaan masyarakat.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian yakni pemilik dan pengelola usaha kecil dan menengah Logam Jaya Laras, pekerja atau karyawan serta aparatur desa setempat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan langkah reduksi data, display data, dan verifikasi data. Setelah itu data diuji nilai kebenarannya dengan kredibilitas, dependability dan konfirmability.

Hasil penelitian program pemberdayaan masyarakat telah menggunakan pendekekatan Pendidikan Luar Sekolah melalui ketrampilan dalam pembuatan kerajinan gamelan yang digunakan sebagai aktifitas produksi sekaligus alternatif lapangan pekerjaan baru. Kedua pemasaran hasil produksi kerajinan gamelan telah mencapai tingkat nasional dan internasional. Ketiga, telah diketahui dampak dari adanya program pemberdayaan masyarakat melalui UKM kerajinan gamelan Logam Jaya Laras yaitu adanya peningkatan ekonomi keluaga dapat dilihat melalui peningkatan pendapatan, peningkatan daya beli dan peningkatan tabungan  sekaligus sebagai upaya pelestarian kesenian daerah.

 

Kata kunci: Pemberdayaan Masyarakat, Usaha Kecil dan Menengah, Ekonomi Keluarga

Published
2017-06-08
Abstract Views: 32
PDF Downloads: 166