Hubungan Antara Kompetensi Fasilitator Pekerja Sosial Dengan  Layanan Kesejahteraan Sosial Lansia Di UPTD Griya Wredha Surabaya

  • LISA RESTIANA

Abstract

Abstrak

Fasilitator pekerja sosial adalah sebuah profesi yang dilaksanakan melalui pengembangan interaksi timbal-balik yang saling  menguntungkan antara orang dan lingkungan sosialnya. Kompetensi yang dimiliki oleh fasilitator pekerja sosial berpengaruh pada layanan kesejahteraan sosial lansia. Layanan kesejahteraan lansia ini merupakan aspek yang utama yang harus diberikan kepada lansia melalui fasilitator pekerja sosial. Fasilitator Pekerja Sosial yang berkualitas adalah fasilitator pekerja sosial yang mempunyai kompetensi yang baik serta dapat meningkatkan layanan kesejahteraan sosial lansia yang mencakup layanan kebutuhan dasar, spiritual dan sosial. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui korelasi antara kompetensi fasilitator pekerja sosial dengan layanan kesejahtraan lansia di UPTD Griya Wredha Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 30 orang lansia potensial. Teknik pengumpulan data yang digunakan angket, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan rumus product moment untuk menganalisis hasil angket.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa r hitung lebih besar dari r tabel (0,479≥ 0,361) yang artinya terdapat korelasi yang positif antara kompetensi fasilitator pekerja sosial dengan layanan kesejahteraan lansia, sehingga Ha di terima dan Ho di tolak. Hubungan antara kedua variabel termasuk dalam kategori cukup karena berada pada interval 0,40 – 0,599. Hasil uji SPSS juga menunjukkan hasil uji linieritas pada output table “Anova Table” diketahui bahwa nilai  Sig. Devistion From Linearity sebesar 0,439 karena nilai Sig 0,273>0,05 sehingga dapat di simpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi fasilitator pekerja social dengan layanan kesejahteraan lansia.

 

Kata Kunci : Fasilitator Pekerja Sosial, Layanan Kesejahteraan Sosial

Published
2017-06-08
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 66