PELATIHAN PHP (PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI WIRAUSAHA PESERTA DIDIK DI UPT PELATIHAN KERJA BOJONEGORO

  • NORMA NURJANNAH

Abstract

AbstrakĀ 

Pelatihan merupakan proses pendidikan jangka pendek yang tersusun sistematis, terperinci, dan terorganisasi yang mempelajari pengetahuan dan keterampilan yang spesifik untuk lebih mudah dipahami oleh peserta didik secara praktis dan dapat secara langsung diterapkan dikehidupan sehari-hari. Pelatihan PHP dalam penelitian ini adalah pelatihan pengolahan hasil pertanian pada umumnya, yaitu menjadikan gandum sebagai bahan dasar pembuatan bakery. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeksripsikan pelatihan PHP (Pengolahan Hasil Pertanian) dalam meningkatkan motivasi wirausaha peserta didik, (2) faktor pendukung, dan (3) penghambat pelatihan PHP dalam meningkatkan motivasi wirausaha pesert didik di UPT Pelatihan Kerja Bojonegoro.

Metode penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dan rancangan yang digunakan adalah studi kasus. Tempat penelitian di UPT Pelatihan Kerja Bojonegoro. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Setelah tahapan tersebut data diuji keabsahannya dengan kredibilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas.

Hasil penelitian menunjukkan (1) pelatihan PHP (Pengolahan Hasil Pertanian) yang terdiri dari analisis kebutuhan pelatihan, perencanaan program pelatihan, penyusunan bahan pelatihan, pelaksanaan pelatihan, evaluasi pelatihan, hasil pelatihan dan tindak lanjut pelatihan terbukti dapat meningkatkan motivasi wirausaha peserta didik (2) Faktor pendukung dalam penelitian ini adalah sarana prasarana dan anggaran dana yang mendukung keterlaksanya pelatihan PHP, dan (3) faktor penghambat pelatihan PHP yaitu ketidakmampuan peserta didik dalam memanajemen waktu.

Kata Kunci : Pelatihan PHP,Motivasi Wirausaha

Published
2017-06-08
Abstract Views: 46
PDF Downloads: 1015