Hubungan Antara Pelatihan Menjahit Level III Dengan Motivasi Berwirausaha Warga Belajar Di Lembaga Kursus dan Pelatihan Modes Al-Amin Tanjungsari Kota Blitar

  • OKTA AINUN TIYANINGSIH

Abstract

Abstrak

Pelatihan menjahit level III merupakan salah satu dari program pendidikan non formal. Dalam proses pembelajaran menjahit lebih di tingkatkan tentang materi kewirausahaan agar warga belajar termotivasi untuk mendirikan usaha. Motivasi berwirausaha ini merupakan aspek yang  utama yang harus di berikan kepada warga belajar melalui pendidikan pelatihan. Motivasi berwirausaha ini sebagai dorongan yang kuat seseorang untuk menjadi wirausahawan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui korelasi antara pelatihan menjahit level III dengan motivasi berwirausaha warga belajar di Lembaga Kursus dan Pelatihan Modes Al-Amin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 30 orang warga belajar pelatihan menjahit level III. Teknik pengumpulan data yang digunakan angket, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan rumus product moment untuk menganalisis hasil angket.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa r hitung lebih besar dari r tabel (0,771≥ 0,361) yang artinya terdapat korelasi yang positif antara pelatihan menjahit level III dengan motivasi berwirausaha, sehingga Ha di terima dan Ho di Tolak. Hubungan antara kedua variabel termasuk dalam kategori kuat karena berada pada interval 0,60 – 0,799. Hasil uji signifikansi juga menunjukkan bahwa harga t hitung lebih besar dari t tabel (6,404 ≥ 2,048) sehingga dapat di simpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara program pelatihan dengan motivasi berwirausaha.

Kata Kunci: isi, format, artikel.

Published
2017-06-08
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 86