HUBUNGAN ANTARA PELAKSANAAN PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP DENGAN AKTIVITAS LEARNING SOCIETY DI DESA MARGOPATUT SAWAHAN NGANJUK

  • WAHYU SETYORINI

Abstract

hidup dilatarbelakangi tingkat pendidikan warga desa Margopatut yang rata-rata lulusan pendidikan dasar dan ada yang tidak sekolah sehingga warga desa belum memiliki keahlian dan keterampilan. Pelaksanaan pendidikan kecakapan hidup berguna bagi warga belajar untuk mendapatkan bekal dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari dan aktivas learning society. Learning society merupakan istilah untuk warga masyarakat yang secara aktif menggali pengalaman belajar di dalam setiap segi kehidupannya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara pelaksanaan pendidikan kecakapan hidup dengan aktivitas learning society di Desa Margopatut Sawahan Nganjuk.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Jumlah responden 34 orang yang merupakan warga belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus product moment.

Hasil penelitian menunjukkan nilai r hitung lebih besar dari r tabel (0,868 ≥ 0,339) artinya terdapat hubungan yang positif antara pelaksanaan pendidikan kecakapan hidup dengan aktivitas learning society di Desa Margopatut Sawahan Nganjuk. Hubungan antara kedua variabel termasuk dalam kategori sangat kuat karena berada pada interval koefisien 0,80-0,100. Kontribusi pelaksanaan pendidikan kecakapan hidup dengan aktivitas learning society yaitu 75,34%. Hasil penelitian menjawab hipotesis pada penelitian ini bahwa semakin pelaksanaan pendidikan kecakapan hidup ditingkatkan maka aktivitas learning society semakin intens di Desa Margopatut Sawahan Nganjuk.

 

Kata Kunci : Pelaksanaan Pendidikan Kecakapan Hidup dan  Aktivitas Learning Society

Published
2017-06-08
Abstract Views: 10
PDF Downloads: 84