PENGARUH PELAKSANAAN DIKLAT PENINGKATAN KOMPETENSI PENGELOLA PAUD TERHADAP KESIAPAN AKREDITASI LEMBAGA DI WILAYAH GERBANGKERTASUSILA

  • NUR ENDAH ROMADHINA

Abstract

Abstrak 

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan diklat peningkatan kompetensi pengelola PAUD, (2) mengetahui pengaruh pelaksanaan diklat peningkatan kompetensi pengelola PAUD terhadap keasiapan akreditasi lembaga PAUD di Wilayah Gerbangkertasusila. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan pendekatan non parametris karena sampel yang digunakan merupakan seluruh populasi yang dijadikan responden. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 21 orang peserta diklat yang tersebar di wilayah gerbangkertasusila. Langkah awal sebelum penelitian adalah melakukan uji validitas dan uji reliabilitas pada 15 peserta diklat dari daerah lain di Jawa Timur.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan diklat peningkatan kompetensi pengelola PAUD terhadap kesiapan akreditasi lembaga dapat dilihat berdasarkan perhitungan tabel correlations menggunakan rumus Kendall Tau dapat diketahui bahwa nilai koofesien korelasi hitung sebesar 0,616 dengan taraf signifikansi masing-masing sebesar 0,000. Dan untuk N= 21 dengan taraf signifikasi 5% maka harga r-tabel diketahui sama dengan 0,433. Jadi dapat disimpukan bahwa adanya pengaruh yang positif antara pelaksanaan diklat peningkatan kompetensi pengelola PAUD terhadap kesiapan akreditasi lembaga di Wilayah Gerbangkertasusila.

 

Kata Kunci : Pelaksanaan Diklat, Kesiapan Akreditasi.

Published
2017-09-15
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 52