PERAN TUTOR MELALUI METODE BERNYANYI DALAM MEMUDAHKAN PEMAHAMAN GRAMMAR BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK LEVEL ELEMENTARY DI LEMBAGA KURSUS REC-BHA DESA WARU BARAT KECAMATAN WARU KABUPATEN PAMEKASAN

  • ACHMAD NAUVALUL IKBAR

Abstract

 

Abstrak

 

Tutor merupakan seorang pendidik yang berinteraksi langsung dengan peserta didik didalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan. Dalam penelitian ini peran tutor yang dibahas adalah peran sebagai pembimbing, motivator, dan evaluator melalui metode bernyanyi dalam memudahkan pemahaman grammar bahasa inggris peserta level elementary di Lembaga Kursus Radiant English Course Boarding House of Al-Tarwiyah (REC-BHA). Metode bernyanyi merupakan suatu metode pembelajaran yang digunakan untuk mempermudah peserta didik memahami tenses bahasa inggris.

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) peran tutor melalui metode bernyanyi di Lembaga Kursus REC-BHA Desa Waru Barat Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan, (2) metode bernyanyi dalam memudahkan pemahaman grammar bahasa inggris peserta didik di Lembaga Kursus REC-BHA Desa Waru Barat Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan.

Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dengan kolekasi data, reduksi data, display data, dan verifikasi data. Setelah itu data diuji keabsahannya dengan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peran tutor sebagai pembimbing, motivator, dan evaluator dijalankan untuk meningkatkan semangat, memaksimalkan hasil belajar, serta mengetahui pemahaman peserta didik terhadap materi yang diajarkan. Ketiga peran tutor tersebut didalam metode bernyanyi untuk memberikan pemahaman terhadap syair dan lirik lagu yang dinyanyikan dan menumbuhkan semangat bernyanyi melalui penggunaan  alat musik dari barang bekas, (2) metode bernyanyi digunakan untuk memudahkan pemahaman grammar bahasa inggris peserta didik level elementary, pemahaman grammar (tenses) peserta didik dalam hal ini: (a) mampu membuat kalimat bahasa inggris sederhana menggunakan 3 rumus Tenses (Present tense, Past tense, dan Past perfect tense), (b) mampu mempraktekkan 3 rumus tenses (Present tense, Past tense, dan Past perfect tense) melalui ungkapan (speaking).

 

Kata kunci: Peran Tutor, Metode Bernyanyi, Level Elementary

Published
2017-09-20
Abstract Views: 29
PDF Downloads: 31