IDENTIFIKASI KEBUTUHAN BELAJAR PELATIHAN DAUR ULANG SAMPAH  DALAM MENUMBUHKAN WIRAUSAHA MASYARAKAT PADA PROGAM PENDIDIKAN KECAKAPAN WIRAUSAHA (PKW) DI SKB GUDO JOMBANG

  • DITA RESTI PERMANASARI

Abstract

ABSTRAK

Proses mengidentifikasi kebutuhan dimulai dari mengidentifikasi kesenjangan antara keadaan sekarang dengan keadaan yang diharapkan kemudian dilanjutkan sampai proses pelaksanaan pemecahan masalah dan evaluasi terhadap efektifitas dan efisiensinya. Di era saat ini pendidikan memegang peranan yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya yang berkompeten. Serta jalur pendidikan Nonformal dituntut untuk memperluas progam pendidikannya dan salah satunya adalah progam life skills. Pendidikan nonformal yang dimaksudkan di sini berbentuk pelatihan.

Pelatihan Daur Ulang Sampah  dalam penelitian ini adalah pelatihan pengolahan limbah sampah yang di daur ulang untuk dijadikan kreasi kerajinan .yang memiliki nilai jual. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan  identifikasi kebutuhan belajar pada pelatihan daur ulang sampah, dan (2) mengetahui kelayakan wirausaha daur ulang sampah pasca pelatihan daur ulang sampah

Pendekatan penelitian yang digunakan pendekatan kualitatif dan rancangan yang digunakan adalah studi kasus. Tempat penelitian di SKB Gudo Jombang. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Setelah tahapan tersebut data diuji keabsahannya dengan kredibilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas.

Hasil penelitian menunjukkan (1) Identifikasi pelatihan daur ulang sampah yang terdiri dari mengidentifikasi kemampuan pada tujuan pelatihan, mengidentifikasi kepada peserta pelatihan, menerapkan kesenjangan pelatihan, mengembangkan progam keahlian, melaksanakan pelatihan , dan penilaian terbukti dapat menumbuhkan wirausaha peserta didik (2) kelayakan Wirausaha  yang terdiri aspek hukum , aspek pasar, aspek keuangan, aspek teknis, aspek manajemen, aspek ekonomi sosial, dan aspek dampak lingkungan  terbukti usaha tersebut sudah layak hanya sebatas usaha sampingan.

 

Kata Kunci : Identifikasi Kebutuhan Belajar , Kelayakan Wirausaha 

Published
2017-09-20
Abstract Views: 28
PDF Downloads: 26