DAMPAK PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TEKNIS DALAM UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI PENGELOLA LKP WILAYAH KOTA SURABAYA

  • LAILATUSY SYAKIROH

Abstract

Abstrak

Pendidikan dan pelatihan (diklat) teknis pengelola LKP yang diselenggarakan BP-PAUD dan Dikmas Jawa Timur pada tahun 2016 memiliki fungsi untuk mencapai persyaratan kompetensi teknis yang diperlukan untuk pelaksanaan tugas pengelola LKP terkait kesiapan lembaga untuk dinilai kinerjanya (akreditasi). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis mengenai (1) hasil pendidikan dan pelatihan teknis  dalam upaya meningkatkan kompetensi pengelola LKP wilayah Kota Surabaya; (2) dampak pendidikan dan pelatihan teknis dalam upaya meningkatkan kompetensi pengelola LKP wilayah Kota Surabaya.

Peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Tempat penelitian ini berada di 5 LKP wilayah Kota Surabaya. Subjek penelitian ini adalah: (1) Pengelola LKP; (2) Karyawan LKP. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan langkah koleksi data, reduksi data, display data, serta verifikasi dan simpulan. Setelah itu diuji nilai kebenarannya dengan kredibilitas, dependabilitas, konfirmabilitas, dan transferabilitas.

Hasil penelitian ini antara lain: (1) hasil pendidikan dan pelatihan teknis pengelola LKP meliputi, (a) kompetensi kepribadian berupa 5 pengelola LKP yang semakin berminat dengan jabatan sebagai pengelola lembaga melalui keikutsertaan pada tes uji kompetensi pengelola LKP; (b) kompetensi manajerial berupa perolehan gelar juara dari 2 pengelola LKP pada event perlombaan LKP terbaik se-Surabaya pada awal tahun 2017 yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kota Surabaya dengan meraih juara kedua oleh pengelola LKP Lasalle dan juara ketiga oleh pengelola LP3I; (c) kompetensi kewirausahaan berupa 5 pengelola LKP memanfaatkan peluang yang menguntungkan bagi lembaga masing-masing, seperti inovasi program kursus TOEFL yang ada di LKP Lia, penerapan pembelajaran sistem online di LKP MTI, aksi sosial LP3I ke panti jompo, pemberian CSR dalam bentuk open house dan pembelajaran gratis pada masyarakat oleh LKP Lasalle, serta adanya aksi donor darah yang digelar oleh LKP Andy Institute; (d) kompetensi sosial berupa kemampuan 5 pengelola LKP dalam menjalin kerja sama dengan lembaga lain melalui adanya nota kesepahaman (MoU), baik dengan lembaga dari dunia pendidikan maupun lembaga dari bidang nonpendidikan.

(2) dampak pendidikan dan pelatihan teknis pengelola LKP meliputi terwujudnya kemandirian sistem pengelolaan lembaga yang berujung pada kesiapan 4 pengelola LKP dalam pengajuan akreditasi pada tahun 2017 yaitu LKP Lia, LP3I, LKP Lasalle, LKP Andy Institute, serta penerapan budaya kerja organisasi yang bersifat positif pada lembaga masing-masing.

 

Kata Kunci: Pendidikan dan Pelatihan Teknis, Kompetensi Pengelola LKP

Published
2017-09-20
Section
Articles