Peran Instruktur dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Klien Gelandangan dan Pengemis Pada Program Keterampilan Pertanian di Balai Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial PMKS Sidoarjo

  • MOH. FAHMI FUADI

Abstract

Moh. Fahmi Fuadi

Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Fahmifuadi16@gmail.com

 

Abstrak

Alternatif untuk mengurangi adanya gelandangan dan pengemis dilakukan dengan diusahakannya kesejahteraan sosial bagi gelandangan dan pengemis. Maka dari itu, Balai Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial PMKS Sidoarjo melalui program keterampilan pertanian yang ada di Balai, para klien khususnya gelandangan dan pengemis yang memiliki keinginan dan kemauan dalam meningkatkan pengembangan dirinya melalui program keterampilan pertanian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai: (1) peran instruktur dalam menumbuhkan motivasi belajar klien gelandangan dan pengemis pada program keterampilan pertanian; (2) motivasi belajar klien gelandangan dan pengemis melalui program keterampilan pertanian di Balai Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial PMKS Sidoarjo. informan penelitian ini adalah: (1) Instruktur program keterampilan pertanian; (2) Klien Gelandangan dan Pengemis; (3) Pegawai Balai. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini antara lain: pertama, peran instruktur pada program keterampilan pertanian di Balai Pelayanan Sosial PMKS Sidoarjo terimplementasikan pada beberapa upaya instruktur dalam menumbuhkan motivasi belajar klien, antara lain: (1) Pembentukan ego; (2) Menumbuhkan minat untuk belajar; (3)  Pengakuan tujuan; (4) Pemberian hadiah; (5) Mengetahui hasil; (6) Memberi pujian. Kedua, motivasi belajar klien Gepeng meningkat, yang terlihat dari adanya hasrat dan keinginan berhasil, dorongan dan kebutuhan dalam belajar, kegiatan yang menarik dalam proses belajar yang sengaja dibuat oleh instruktur, serta lingkungan belajar kondusif yang kemudian berdampak pada hasil belajar klien gelandangan dan pengemis dalam program keterampilan pertanian.

Kata Kunci: Peran instruktur, Keterampilan Pertanian, Gelandangan dan pengemis, Motivasi Belajar

Published
2017-09-20
Section
Articles
Abstract Views: 52
PDF Downloads: 81