HUBUNGAN KOMPETENSI TUTOR DENGAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS KELAS X PAKET C DI UPTD SKB GUDO JOMBANG
Abstract
Abstrak
Pendidikan kesetaraan Paket C merupakan program pendidikan yang diselenggarakan untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat yang tidak memiliki kesempatan untuk menempuh pendidikan formal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kompetensi tutor dengan motivasi belajar bahasa Inggris Kelas X paket C.
Data dikumpulkan dengan menggunakan metode angket, observasi serta dokumentasi. Penelitian ini melibatkan tiga puluh peserta didik sebagai respondenden, dan duapuluh peserta didik kelas sebagai alat uji validitas dan reliabilitas.
Hasil analisis sproduct moment, menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kompetensi tutor dengan motivasi belajar yaitu sebesar 0,921. Dari hasil pengujian hipotesis menunjukkan lebih besar daripada yaitu 0,92117> 0,361. Sehingga hipotesis “adanya hubungan antara kompetensi tutor dengan motivasi belajar bahasa Inggris ” dapat diterima.
PDF Downloads: 40