PENERAPAN PENDEKATAN ANDRAGOGI PADA PEMBELAJARAN PRIVATE CLASS UNTUK MEMBENTUK KETERAMPILAN BERBICARA DI LKP PROFESSIONAL BROADCASTING SCHOOL SURABAYA

  • SHAFI LAILI DEWI NUR LATIFAH

Abstract

Abstrak

Pada dasarnya mereka yang menekuni bidang broadcasting atau public speaking memerlukan skill di bidangnya. Individu yang bekerja pada sektor tersebut kecenderungannya sudah dewasa, maka mereka memerlukan tambahan skill akan lebih tepat jika menggunakan pendekatan yang sesuai. Orang dewasa memiliki gaya belajar yang berbeda dengan anak-anak, hal ini menjadi tantangan bagi pendidik untuk memberikan pendekatan yang sesuai dengan karakteristik orang dewasa, pendekatan tersebut yakni pendekatan andragogi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang (1) penerapan pendekatan andragogi pada pembelajaran private class untuk membentuk keterampilan berbicara, (2) pembentukan keterampilan berbicara melalui penerapan pendekatan andragogi, (3) faktor pendukung penerapan pendekatan andragogi pada pembelajaran private class untuk membentuk keterampilan berbicara dan (4) faktor penghambat penerapan pendekatan andragogi pada pembelajaran private class untuk membentuk keterampilan berbicara.

Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, maka dilakukan analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan verifikasi.

Hasil penelitian, (1) Penerapan prinsip-prinsip pendidikan orang dewasa untuk membentuk keterampilan berbicara ditunjukkan dengan pendekatan yang dilakukan tutor berupa sharing, praktek dan evaluasi, (2) Faktor pendukung penerapan prinsip-prinsip andragogi pada pembelajaran private class untuk membentuk keterampilan berbicara: (a) sarana dan prasarana, (b) tutor berasal dari praktisi broadcasting dan public speaking, (c) pembelajaran 30% teori dan 70% praktek, (d) jadwal fleksibel., (3) Faktor penghambat penerapan prinsip-prinsip andragogi pada pembelajaran private class untuk membentuk keterampilan berbicara: (a) kondisi lalu lintas padat, (b) ketidaktuntasan peserta didik.

Kata Kunci: prinsip andragogi, keterampilan berbicara


Abstract

Basically those who persue the field of broadcasting or public speaking requires skills in its field. Individuals who work in this sector tend to be mature, then they need additional skilss and it will be more appropriate if using the right approach. Adults have different learning styles with children, it is a challenge for educators to provide an appropriate approach to the characteristic of adults, it is the andragogy approach. The purpose of this study is to describe: (1) the application of andragogical approaches in private class for forming speaking skills, (2) the forming of speaking skills through the application of andragogical approaches, (3) the supporting factors on the application of andragogical approaches in private class learning for forming speaking skills, and (4) the obstacles on the application of andragogical approaches in private class learning for forming speaking skills.

The approach used is qualitative approach. The data was undertaken with interview techniques, observation, and documentation. After data had been collected, the analysis of the data was done by using reduction of data, display data, and verification.

The results of the research, (1) The application of adult education principles to form speaking skills is shown by the approach of tutor in the form of sharing, practice and evaluation, (2) The supporting factors of applying the andragogy principles in private class learning to form speaking skills are: (a) facilities and infrastructures, (b) tutors are from broadcasting and public speaking practitioners, (c) 30% theory and 70% practice, and (d) flexible schedules, (3) The obstacles of applying the principles of andragogy in private class learning to form speaking skills are: (a) Solid traffic conditions and (b) non-completion of learners.

Key Word: Andragogy approaches, speaking skills

Published
2018-05-30
Section
Articles
Abstract Views: 67
PDF Downloads: 235