Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Perkembangan Sosial Emosional Anak Di Kelompok B PAUD UPT SPNF SKB Gresik

  • ZUMROTUS SHOLICHAH

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan metode bermain peran untuk perkembangan sosial emosional anak, berdampak pada perkembangan sosial emosional, faktor pendukung dan penghambat penerapan metode bermain peran.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu para siswa, guru kelas dan orang tua siswa. Data dikumpulkan dengan metode wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Data dianalisis dengan tehnik analisis tema kultural dengan tahap kondensasi data, display data, verifkasi dan simpulan. Keabsahan data di uji dengan tehnik Uji kredibilitas, uji dependabilitas, uji konfirmabilitas dan uji transferabilitas.

Hasil penelitian penerapan metode bermain peran dilakukan dalam 4 tahap yaitu persiapan, pembukaan, inti dan penutup/evaluasi. Dampak yang dapat diperoleh anak yaitu praktik hubungan sosial; membantu perkembangan sosial emosional,perkembangan sosial emosional anak setelah penerapan metode bermain peran terdapat sebesar 11.6% atau ≤ 3 anak yang masih dalam tahap perkembangan. Sebesar 79.6% atau ≤ 20 anak yang perkembangan sosial emosionalnya berkembang sesuai dengan harapan dan sebesar 8.8% atau ≤ 2 anak yang perkembangan sosial emosionalnya sangat baik; memiliki rasa simpati dan empati; belajar berbagi, dan interaksi sosial yang baik. Bermain peran didukung oleh minat anak dan sarana prasarana. Faktor penghambat yaitu keterbatasan alokasi waktu pembelajaran dan tidak ada ruang tersendiri / sentra untuk bermain peran. Penerapan metode bermain peran dapat membantu perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun

Kata Kunci : Bermain Peran, Anak Usia Dini, Sosial Emosional

Abstrack

The purpose of this research is to know the application of role playing method for childrens emotional social development, impact on emotional social development, supporting and inhibiting factors the application of role playing methods.

This research use desciptive qualitative approach. The subjects of this study are the students, class teachers and parents of students. Data were collected by in-depth interview method, participant observation and documentation. The data were analyzed by cultural theme analysis technique with data condensation stage, data display, verification and conclusion. Validity of data in test by technique Test of credibility, dependability test, confirmability test and transferability test.

The results of research on the application of role play method is done in 4 stages: preparation, opening, core and cover / evaluation. Impacts that can be obtained by the child is the practice of social relationships; fostering emotional social development, emotional social development of children after application of role playing method is 11.6% or ≤ 3 children who are still in development stage. Of 79.6% or ≤20 children whose emotional social development develops as expected and by 8.8% or ≤ 2 children whose emotional social development is excellent; have a sense of sympathy and empathy; learning sharing, and good social interaction. Role play is supported by childrens interests and infrastructure. Inhibiting factors are limited learning time allocation and there is no separate space / center for role play. Implementation of role playing methods can help the emotional social development of children aged 5-6 years.

Keywords: Role Playing, Early Childhood, Social Emotional







Published
2018-06-29
Section
Articles
Abstract Views: 84
PDF Downloads: 303