HUBUNGAN LAYANAN ANAK USIA DINI PADA PROGRAM DAY CARE DENGAN TINGKAT KEPUASAN ORANG TUA DI TPA ADNI ISLAMIC ENGLISH SCHOOL WIYUNG SURABAYA

  • YUYUN KURNIAWATI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kualitas pelayanan yang diberikan oleh pengurus Taman Penitipan Anak kepada siswa maupun orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara layanan anak usia dini dengan tingkat kepuasan orang tua di Taman Penitipan Anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Jumlah responden dalam penelitian ini berjumlah 27 orang dari seluruh jumlah orang tua di Taman Penitipan Anak tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, angket dalam hal ini menjelaskan tentang pokok persoalan dalam penelitian sedangkan wawancara dan dokumentasi sebagai data pendukung dalam penelitian. Sedangkan teknik analisis data menggunakan rumus Kendall Tau. Rumus ini digunakan untuk menganalisis responden yang berukuran kurang dari 30 responden. Dari hasil pengolahan data penelitian, maka diperoleh bahwa hasil layanan Anak Usia Dini memiliki tingkat validitas 0,72 termasuk dalam kategori tinggi dan hasilnya signifikan dan reliabilitas sebesar 0,899. Dapat disimpulkan bahwa layanan Anak Usia Dini memiliki nilai validitas dan reliabilitas dengan skala normal suatu standar yang dapat digunakan untuk menemukan data penelitian. Hasil penelitian menggunakan analisis korelasi yang menunjukkan bahwa r hitung lebih besar dari r tabel (0,811>0,381) yang artinya terdapat hubungan antara kedua variabel. Hubungan antara kedua variabel termasuk dalam kategori kuat yaitu berada pada internal 0,72-0,899. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, yang berarti ada hubungan antara layanan anak usia dini dengan tingkat kepuasan orang tua di Taman Penitipan Anak. Layanan anak usia dini berkontribusi terhadap pelayanan yang ada di lembaga Taman Penitipan Anak sebesar 75,18%, sedangkan untuk 36,84% dinilai dari tingkat kepuasan orang tua.

Kata kunci: Layanan Anak Usia Dini, Tingkat Kepuasan Orang Tua.

Abstract

This research is motivated by the quality of services provided by the childhood board to students and parents. This study aims to determine the relationship between early childhood services with the level of satisfaction of parents in the landfill. This research uses quantitative research approach with correlational research type. The number of respondents in this study amounted to 27 people from all parents in the landfill. Data collection techniques used are questionnaires, questionnaires in this case explain the subject matter in research while interviews and documentation as supporting data in research. While the technique of data analysis using Kendall Tau formula. This formula is used to analyze the respondents of less than 30 respondents. From the results of data processing research, it is obtained that the results of childhood services have a validity level of 0.72 included in the high category and the results are significant and reliability of 0.899. It can be concluded that the childood service has a validity and reliability value with the normal scale of a standard that can be used to find research data. The result of this research is using correlation analysis which shows that r count is bigger than r table (0,811> 0,381) which means there is relationship between two variables. The relationship between the two variables included in the strong category that is in the internal 0.72-0.899. So it can be concluded that Ha accepted, which means there is a relationship between early childhood services with the level of satisfaction of parents in the landfill. Early childhood services contribute to existing services in the day care center institution of 75.18%, while for 36.84% judged from the level of satisfaction of parents.

Keywords: Early Childhood Service, Level of Parent Satisfaction.

Published
2018-07-04
Section
Articles
Abstract Views: 77
PDF Downloads: 67