Program Relawan dalam Upaya Menumbuhkan Partisipasi Orang Tua di KB dan TK Dharma Wanita II UNESA Surabaya

  • ALIFAH ROSCAHYANING PUTRI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan serta menganalisis pelaksanaan program relawan (2) mendeskripsikan dan menganalisis upaya program relawan dalam menumbuhkan partisipasi orang tua (3) mengetahui faktor pendukung kegiatan program relawan (4) mengetahui faktor penghambat kegiatan program relawan. Responden dalam penelitian ini adalah satu guru yang terlibat dalam program relawan dan sepuluh orang tua yang mengikuti program relawan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi.

Realita yang ada pada saat ini menunjukan bahwa partisipasi orang tua dalam proses pendidikan anak dinilai masih kurang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian yang dilakukan berdasarkan pengamatan awal pada guru dan orang tua di TK dan KB Dharma Wanita II UNESA Surabaya terlihat beberapa masalah yang berhubungan dengan partisipasi orang tua dalam menunjang pendidikan anak.

Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam upaya yang telah dilakukan dengan adanya program relawan terhadap orang tua menunjukan bahwa sebagian besar orang tua memiliki kesadaran pentingnya partisipasi mereka terhadap anak. Partisipasi orang tua merupakan proses keterlibatan orang tua dalam pengasuhan anak yang meliputi sikap dan karakter orang tua dalam mengasuh anak. Dengan terselenggaranya program relawan dapat menumbuhkan partisipasi orang tua dalam pendidikan dan kepengasuhan anak. Orang tua menumbuhkan kesadarannya atas perannya sebagai pendukung, guru, siswa, penasehat, pelindung, dan sebagai duta besar.

Kata Kunci : program relawan, partisipasi orang tua, taman kanak-kanak
Published
2018-07-18
Section
Articles
Abstract Views: 44
PDF Downloads: 310