Pengelolaan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Sanggar Anak Alam Yogyakarta dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan

Authors

  • VIYKI KHOIROTUL UMAMI

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini berlatar belakang pada kurangnya kualitas pengelolaan pada lembaga pendidikan PKBM di Indonesia. SALAM sebagai pusat kegiatan belajar masyarakat menjadi salah satu solusi alternatif prototipe pengelolaan lembaga pendidikan PKBM yang mandiri. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengelolaan PKBM SALAM dalam memberikan layanan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan warga belajarnya dan dikaitkan dengan Standar Pendidikan Nasional.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data yang dianalisis adalah hasil wawancara, dokumentasi dan pengamatan langsung terhadap proses pengelolaan pendidikan yang terjadi di PKBM SALAM.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan yang dilakukan di PKBM SALAM dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan adalah karena SALAM mampu menjadi sebuah lembaga pendidikan yang memiliki ciri sebagai lembaga pendidikan luar sekolah yang antimainstream yaitu dengan menonformalkan pendidikan formal. Faktor pendukung pengelolaan pendidikan di SALAM berawal dari penggunaan Garis Besar Kurikulum Belajar SALAM dalam proses belajar dan hasil kesepakatan warga SALAM untuk mengelola pendidikan dengan dasar pendidikan yang memerdekakan anak. Faktor penghambat yang sering dihadapi adalah dalam hal proses pelaksanaan pembelajaran yaitu kesiapan fasilitator dalam memfasilitasi peserta didik.

Kata Kunci: Solusi Pengelolaan Pendidikan, Pengelolaan, Mutu Layanan Pendidikan.

ABSTRACT

This research is based on the lack of quality management in PKBM education institutions in Indonesia. SALAM as a center of community learning activities is one of the alternative solutions for the prototype of an independent PKBM education institution management. The purpose of this study was to analyze the management of SALAM PKBM in providing educational services that are in accordance with the needs of the learning community and associated with the National Education Standards.

This research is descriptive qualitative research. The data analyzed were the results of interviews, documentation and direct observation of the education management process that occurred in PKBM SALAM.

The results showed that the management carried out in PKBM SALAM in improving the quality of education services was because SALAM was able to become an educational institution that has the characteristics of an off-school educational institution that is anti-mainstream, namely by formalizing formal education. Supporting factors of education management in SALAM began with the use of the SALAM Learning Curriculum Outline in the learning process and the results of the SALAM community agreement to manage education on the basis of education that liberates children. The inhibiting factor that is often faced is in terms of the process of implementing learning, namely the readiness of the facilitator in facilitating students.

Keywords: Education Management Solutions, Management, Education Quality Service.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-08-13

How to Cite

KHOIROTUL UMAMI, V. (2018). Pengelolaan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Sanggar Anak Alam Yogyakarta dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan. J+PLUS UNESA, 7(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/25246

Issue

Section

Articles
Abstract views: 106 , PDF Downloads: 203