PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK JALANAN MELALUI PROGRAM PEMBINAAN KEWIRAUSAHAAN DI UPTD KAMPUNG ANAK NEGERI SURABAYA

  • SHELY OKTAVIANA

Abstract

ABSTRAK

PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK JALANAN MELALUI PROGRAM PEMBINAAN KEWIRAUSAHAAN DI UPTD KAMPUNG ANAK NEGERI SURABAYA

Nama : Shely Oktaviana

NIM : 14010034037

Jurusan : Pendidikan Luar Sekolah

Fakultas : Ilmu Pendidikan

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Pembimbing : Dr. Suhanadji, M.Si

Anak seharusnya berhak dan wajib menempuh pendidikan karena anak adalah generasi penerus bangsa yang akan menghadapi tantangan dan persaingan di masa depan. Tetapi bagi anak jalanan, pendidikan bukanlah merupakan suatu prioritas karena mereka menghabiskan hampir seluruh waktunya untuk berada di jalanan. Walaupun sepanjang hari berada di jalanan, anak jalanan seharusnya tetap bisa mengenyam pendidikan. Jika tidak bisa mengikuti pendidikan formal setidaknya mereka mendapatkan pendidikan karakter untuk membentuk pribadi menjadi manusia yang baik. Karena pentingnya pendidikan karakter untuk anak jalanan, maka pemerintah memiliki tanggung jawab untuk membina anak jalanan. Melalui lembaga UPTD Kampung Anak Negeri Surabaya anak jalanan diberikan fasilitas dan pendidikan seperti program pembinaan kewirausahaan yang bertujuan untuk mengasah keterampilan dan membentuk karakter yang baik.

Pada penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif. Lokasi penelitian yang diambil dalam penelitian ini adalah di Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Kampung Anak Negeri Surabaya yang berada di Jl. Wonorejo Timur No.130 Wonorejo, Kelurahan Rungkut, Surabaya. Informan penelitian ini adalah kepala UPTD, pembina, staff kantor, dan anak jalanan yang mengikuti program pembinaan kewirausahaan. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik observasi (pengamatan), wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan langkah reduksi data, display data, serta verifikasi dan simpulan. Setelah itu data diuji keabsahannya dengan kredibilitas, dependabilitas, konfirmabilitas, dan transferabilitas.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program pembinaan kewirausahaan yang dilaksanakan di UPTD Kampung Anak Negeri Surabaya telah terlaksana sesuai tujuan yang diharapkan yaitu dapat mengembangkan keterampilan anak jalanan dalam bidang wirausaha . keterampilan yang diajarkan yaitu keterampilan teknis, keterampilan manajemen, keterampilan wirausaha, dan keterampilan keamanan pribadi. Selain itu program pembinaan kewirausahaan ini juga membentuk karakter anak jalanan yaitu jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, dan tanggung jawab.

Kata kunci: anak jalanan, pembentukan karakter, kewirausahaan.





Published
2018-09-19
Section
Articles
Abstract Views: 202
PDF Downloads: 187