PERAN TUTOR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI PENGUATAN CHARACTER BUILDING PADA PESERTA DIDIK PAKET B MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS di UPT SPNF SKB CERME-GRESIK

  • LAILATUL MAGHFIROH

Abstract

Abstrak

Penguatan Character building merupakan penguatan karakter peserta didik yang sudah ada pada diri peserta didik. Penguatan karakter yang dilakukan oleh tutor dilaksanakan dengan pembelajaran yang mampu mengaktifkan sekaligus menyenangkan dimaksudkan untuk mengoptimalkan semua potensi yang dimiliki oleh anak didik, sehingga dapat mencapai hasil belajar yang memuaskan sesuai dengan karakteristik pribadinya. Pendekatan dan jenis rancangan ini menggunakan penelitian kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik-teknik tersebut digunakan untuk menggali data penelitian tentang penguatan character building dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik paket B mata pelajaran Bahasa Inggris di UPT SPNF SKB Cerme-Gresik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan character building ini dapat memicu kemampuan belajar peserta didik yang dapat dibuktikan melalui peningkatan hasil belajar. Pembelajaran bahasa Inggris yang mungkin terkesan membosankan kini semakin baik karena dibarengi dengan karakter yang baik, karakter yang dimaksud peneliti adalah berkembangnya rasa tanggung jawab, disiplin, peduli sesama teman dll. Pengembangan karakter tersebut berkembang dalam pembelajaran seperti penugasan yang berkarakter, penjelasan materi yang memiliki kandungan motivasi dan nasihat-nasihat yang mana akan memicu kualitas peserta didik dalam belajar sehingga dapat membuat mereka mencapai hasil belajar dan prestasi yang baik.

Kata Kunci : Penguatan Character Building, Hasil Belajar

Abstract

Strengthening Character building is the strengthening of students character that already exists in students. Strengthening the characters carried out by tutors carried out with learning that is able to activate as well as fun is intended to optimize all the potential possessed by students, so as to achieve satisfactory learning outcomes in accordance with his personal characteristics. This approach and type of design uses qualitative research. Data is collected by interview, observation and documentation techniques. These techniques are used to explore data on the strengthening of character building in improving the learning outcomes of package B students in English in the SPNF UPT Cerme-Gresik SKB. The results of the study indicate that the strengthening of character building can trigger students learning abilities that can be proven by increasing learning outcomes. Learning English that might seem boring now is getting better because it is accompanied by good character, the character intended by the researcher is the development of a sense of responsibility, discipline, caring for fellow friends etc. Development of roles with these characters develops in learning such as character assignments, material explanations that contain motivation and advice which will trigger the quality of learners in learning so that they can achieve good learning outcomes and achievements.

Keyword : Strengthening Character Building, Learning Outcomes

Published
2018-10-22
Section
Articles
Abstract Views: 41
PDF Downloads: 53