PERAN ORANGTUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK USIA 6-12 TAHUN (STUDI KASUS PADA PROGRAM HOME VISIT DI HOMESCHOOLING SEKOLAH DOLAN MALANG)

  • HENING HANGESTY ANURRAGA

Abstract

PERAN ORANGTUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK USIA 6-12 TAHUN (STUDI KASUS PADA PROGRAM HOME VISIT DI HOMESCHOOLING SEKOLAH DOLAN MALANG)

Hening Hangesty AnurragaPendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri SurabayaEmail : hening.hangesty@gmail.com

ABSTRAK

Homeschooling merupakan salah satu pendidikan alternatif yang dilaksanakan di luar sistem pendidikan formal. Orangtua memiliki tanggung jawab dan peran yang lebih besar dalam proses belajar anak, salah satu peran orangtua yaitu sebagai motivator yang harus mampu memotivasi anak untuk giat belajar. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan dan menganalisis mengenai : (1) peran orangtua dalam meningkatkan motivasi belajar pesera didik usia 6-12 tahun (2) faktor-faktor pendukung dan penghambat orangtua dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik usia 6-12 tahun.

Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu satu pengelola lembaga Homeschooling Sekolah Dolan, dua tutor, serta empat orangtua peserta didik pada program home visit. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi partisipatif dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa orangtua menjalankan perannya dalam meningkatkan motivasi belajar anak. Peran orangtua dalam meningkatkan motivasi belajar anak meliputi : (1) Sebagai fasilitator dengan menyediakan sarana alat belajar seperti tempat belajar, buku-buku pelajaran dan alat-alat tulis dan memberikan fasilitas untuk mengembangkan bakat dan minat anak. (2) Sebagai motivator dengan memberikan motivasi kepada anak dengan cara memberi penghargaan terhadap prestasi belajar anak dengan memberi hadiah maupun kata-kata pujian. (3) Sebagai pendidik dan pengajar dengan terlibat dalam kegiatan belajar dengan mendiskusikan dengan pihak homeschooling mengenai program belajar yang sesuai dengan kondisi anak, mendampingi anak belajar diluar jadwal home visit bersama tutor, dan memperhatikan kondisi fisik dan psikis anak sehingga dapat menentukan model pembelajaran yang sesuai dengan kondisi anak tersebut.

Kata Kunci : Peran Orangtua, Motivasi Belajar, Homeschooling

Published
2019-01-07
Section
Articles
Abstract Views: 514
PDF Downloads: 1329