PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK LBB TAMAN PINTAR KECAMATAN LAMONGAN KABUPATEN LAMONGAN

  • MOCHAMAD MACHFUD SARONI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar peserta didik LBB taman pintar Lamongan. Pengelolaan pembelajaran merupakan suatu rangkaian kegiatan meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan dan pengawasan. Indikator minat belajar meliputi perasaan senang, keterlibatan, ketertarikan dan perhatian. Lembaga bimbingan belajar Taman Pintar mempunyai keunikan dalam menjalankan strategi pengelolaan pembelajaran. Strategi yang digunakan dalam pengelolaan pembelajaran yakni lebih fleksibel dalam arti apabila kemampuannya tidak bisa menyesuaikan dengan kelasnya maka siswa tersebut tidak akan dipaksa untuk mengikuti kelasnya melainkan akan dimasukkan dikelas sebelumnya.

Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bermaksud untuk mendeskripsikan secara sistematik tentang data yang didapatkan di lapangan berupa tulisan deskriptif dari narasumber. Subjek penelitian ini yaitu ketua lembaga, tutor dan peserta didik. Metode analisis data melalui tahap kondensasi data, penyajian data, verifikasi data. Untuk membuktikan keabsahan data yang diperoleh teknik yang digunakan adalah kredibilitas, dependabilitas, konfirmabilitas dan tranferabilitas.

Hasil penelitian menunjukkan kegiatan pengelolaan pembelajaran dimulai dari beberapa tahap yaitu perencanaan, pengorganisasian, penggerekkan dan pengawasan. Tahapan berikut dijalankan untuk mengelola pembelajaran dalam pembelajaran. Sesuai dengan teori yang ada bahwa terdapat keselarasan dengan kejadian yang ada di lapangan dan dilakukan secara partisipatif yaitu melibatkan seluruh elemen yang ada. Minat belajar peserta didik lembaga bimbingan belajar Taman Pintar mengalami peningkatan setelah mengikuti bimbingan belajar tersebut. Hal ini dibuktikan dengan menggali indikator yang dikaji yaitu perasaan senang, keterlibatan, ketertarikan dan perhatian.

Kata Kunci: Pengelolaan Pembelajaran, Bimbingan Belajar, Minat Belajar.
Published
2019-01-18
Section
Articles
Abstract Views: 84
PDF Downloads: 885