KEMANDIRIAN ANAK JALANAN DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN KRITIS DI YAYASAN ALIT SURABAYA

  • FITRIA AISYAROH

Abstract

Anak jalanan merasa memiliki kemandirian untuk hidup sendiri, mereka merupakan anak yang berusia dibawah 18 tahun, dan menghabiskan waktunya minimal 6 jam di jalanan untuk mencari nafkah. Kemandirian mereka yang dapat bekerja keras sendiri dan lebih memilih bekerja untuk membantu orang tua dapat diapresiasi namun dengan begitu mereka menjadi lupa kewajiban mereka yaitu mendapatkan pendidikan yang layak. Pendidikan merupakan hal penting yang akan membuat perubahan pada kehidupan. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan kemandirian anak jalanan dalam perspektif pendidikan kritis.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini di Yayasan ALIT Surabaya. Sumber data yang dikumpulkan dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data model interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan kredibilitas yaitu triangulasi sumber dan member check.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Yayasan ALIT memiliki program pemberdayaan yang dapat diakses oleh seluruh anak. Program pendampingan yayasan Alit bertujun untuk mengembangkan pola kemandirian kritis anak jalanan. Kemandirian kritis dilakukan oleh yayasan Alit dengan cara membebaskan anak-anak untuk andil dalam proses pembelajaran sesuai minat dan bakatnya. Proses pendidikan yang diterapkan oleh Alit ini membuat cara berpikir anak-anak jalanan yang semula magis berubah menjadi kritis. Kemandirian yang diciptakan agar mereka lebih percaya diri terhadap kondisi yang saat ini, lebih bertanggung jawab terhadap yang dicapai, serta lebih berpikir kritis terhadap masa depan mereka agar mereka bisa tetap mendapatkan hak sebagai anak walaupun mereka adalah anak-anak yang termajinalkan.

Kata Kunci : Anak Jalanan, Kemandirian, Kesadaran Kritis

Published
2019-01-21
Section
Articles
Abstract Views: 79
PDF Downloads: 263