PENGELOLAAN LEMBAGA KURSUS AL QURAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI LEMBAGA KURSUS AL QURAN AL FALAH SURABAYA

  • UBAIDILLAH ALIF ALWAN

Abstract

Lembaga Kursus Al Quran Al Falah (LKF) Surabaya merupakan lembaga semi otonom dari Yayasan Masjid Al Falah (YMA) Surabaya, LKF Surabaya bergerak dalam bidang keagamaan yakni mengaji dan mengkaji tentang nilai-nilai yang terdapat pada kitab Al Quran dan Al Hadist. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengelolaan lembaga kursus dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di LKF Surabaya.

Pendekatan penelitian yang digunakan peneliti adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah pengelola, pendidik dan peserta didik Lembaga Kursus Al Quran Al Falah Surabaya. Fokus dalam penelitian ini adalah pengelolaan lembaga kursus Al Quran dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di LKF Surabaya. Analisis data dalam penelitian ini dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi dan simpulan. Setelah dianalisis data diuji keabsahannya dengan uji kredibilitas (dengan menggunakan perpanjangan, pengamatan, dan triangulasi), dependabilitas dan konfirmabilitas.

Hasil penelitian menunjukan pengelolaan LKF Surabaya dapat dikatakan dikelola dengan baik berdasarkan aspek-aspek dari fungsi manajemen, yaitu perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pembinaan, evaluasi. Pada proses pengelolaan lembaga kursus Al Quran dikaitkan dengan upaya meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Pengelolaan mengacu pada pentingya motivasi belajar peserta didik supaya meningkat. Peningkatan motivasi belajar peserta didik, pengelola LKF Surabaya dibantu oleh pendidik dan tenaga kependidikan yang ahli dalam bidangnya. Program-program yang terdapat di LKF Surabaya dibuat beragam, program tersebut dibagi menjadi dua yakni program kursus dan non kursus, terdapat 18 program kursus pilihan sedangkan dalam program non kursus terdapat 3 kegiatan yakni festival santri, wisata bakti, wisuda dan khataman Al Quran yang dapat diikuti oleh peserta didik sesuai dengan kebutuhan. Dengan adanya program-program kegiatan berdampak langsung pada antusiasme peserta didik sehingga dalam motivasi belajar meningkat. Hal ini dibuktikan dari jumlah peserta didik yang mengikuti program kursus bertambah di setiap periode Lembaga Kursus Al Quran Al Falah Surabaya.

Kata kunci: Pengelolaan Lembaga Kursus Alquran, Motivasi Belajar

Published
2019-03-01
Section
Articles
Abstract Views: 82
PDF Downloads: 487