PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA YANG BEKERJA PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) MANIK-MANIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK REMAJA DI DUSUN GAMBANG DESA PLUMBON GAMBANG KECAMATAN GUDO KABUPATEN JOMBANG

  • TUTUS DWI MITYA FEBRININGTYAS

Abstract

Pola Asuh adalah cara atau metode pengasuhan yang digunakan oleh orang tua agar anak dapat tumbuh menjadi individu yang dewasa secara sosial. Dengan pengertian tersebut, dapat dipahami bahwa pengasuhan anak yang dimaksud adalah kepemimpinan dan bimbingan yang dilakukan terhadap anakyang berkaitan dengan kepentingan hidupnya. Pola asuh menurut Hurlock dibagi tiga, yaitu Pola asuh otoriter, pola asuh demokratis, dan pola asuh permisif. Tujuan penelitian ini adalah Untuk Mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar remaja yang orang tuanya bekerja di UMKM manik-manik Dusun Gambang, Desa Plumbon Gambang, Kecamatan Gudo, Kabupaten Jombang.

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mengetahui adanya pengaruh dari satu variabel bebas terhadap satu variabel terikat. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode angket, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan 50 responden. Hasil penelitian menggunakan analisis of variance (Anova) dan uji t, menunjukkan bahwa adanya pengaruh pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar anak remaja. Dari hasil uji hipotesis pola asuh otoriter sebesar 0,001, pola asuh demokratis sebesar 0,000, dan pola asuh permisif sebesar 0,284. Sehingga hipotesis penulis mengatakan bahwa adanya hubungan yang signifian antara pola asuh orang tua dengan motivasi belajar.

Kata Kunci: Pola asuh orang tua, Motivasi Belajar anak remaja

Published
2019-04-26
Section
Articles
Abstract Views: 45
PDF Downloads: 52