Peran Fasilitator Melalui Parenting dalam Pengembangan Sosial Anak Didik

  • RANI MUCHAROMAH

Abstract

Fasilitator memiliki peran penting dalam pengembangan sosial anak didik PAUD pada masa – masa eksplorasinya. Namun dalam membangun anak mengembangkan sosialnya terkadang masih dianggap kurang karena kurangnya kegiatan – kegiatan bersama orang tua yang dapat menjalin interaksi anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran fasilitator melalui parenting dalam pengembangan sosial anak didik beserta faktor pendukung dan penghambatnya. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran fasilitator dalam pengembangan sosial anak didik karena adanya peran - peran yakni sebagai korektor, inspirator, informator, organisator, motivator, inisiator, pembimbing, demonstrator dan mediator. Parenting diselenggarakan melalui keterlibatan antara orang tua, anak dan fasilitator untuk mengembangkan sosial anak didik di Kelompok Bermain SALAM. Pengembangan sosial anak dapat dilihat dari 1) interaksi yang terjadi pada anak akibat kegiatan parenting dan 2) dukungan yang diberikan oleh orang tua dan fasilitator pada anak. Faktor pendukung meliputi adanya keterbukaan dari komponen komunitas SALAM, kerjasama antar fasilitator dan orang tua, adanya media dan komunikasi yang tepat. Faktor penghambat meliputi orang tua yang kurang komunikatif dan ketidaknyamanan anak.
Published
2019-05-07
Section
Articles
Abstract Views: 51
PDF Downloads: 63