PERAN INSTRUKTUR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA PELATIHAN TATA RIAS PENGANTIN DI BALAI LATIHAN KERJA (BLK) KABUPATEN JOMBANG

  • LAILATUL RAMDHANA KURNIASTUTI

Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahan pokok yakni bagaimana peran instruktur dalam meningkatkan motivasi belajar peserta pelatihan tata rias pengantin, sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai : (1) Peran instruktur dalam meningkatkan motivasi belajar peserta pelatihan tata rias pengantin; (2) Motivasi belajar peserta pada program pelatihan tata rias pengantin.Peneliti menggunakan metode kualitatif, dengan mendeskripsikan, menguraikan dan menggambarkan tentang peran instruktur. Subyek peneliti meliputi dua orang instruktur serta lima orang peserta pelatihan tata rias pengantin. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta menggunakan teknik analisis data dengan reduksi data , penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian di dapat dua kesimpulan. Pertama instruktur meningkatkan minat peserta pelatihan untuk belajar dengan memberikan motivasi sebelum dan di akhir pembelajaran mengenai pentingnya kebutuhan keterampilan dalam meningkatkan kualitas diri mereka serta memberi pujian ,seperti pemberian pujian berupa kata-kata yang sifatnya membangun pada peserta yang memiliki semangat yang tinggi . Kedua motivasi belajar peserta pelatihan yang tinggi terlihat dari antusias kehadiran peserta pelatihan yang aktif dalam mengikuti pembelajaran, serta para peserta yang berusaha menyelesaikan tugasnya secara tuntas tanpa menunda-nunda tugas yang telah diberikan oleh instruktur.

Published
2019-06-27
Section
Articles
Abstract Views: 217
PDF Downloads: 178