PELAKSANAAN KURSUS MENJAHIT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA PADA PESERTA DIDIK DI LKP MODES ANIQ SIDOARJO

  • HILDA FITRIA MAGHFIROH

Abstract

Pendidikan pada dasarnya merupakan suatu proses pemberdayaan individu agar ia mampu memenuhi kebutuhan perkembangannya dan sekaligus memenuhi tuntutan social dan cultural dalam lingkungan kehidupannya. Dengan kata lain pendidikan memiliki fungsi sebagai sarana pemberdaya manusia dalam menghadapi tantangan masa depan serta mampu bersaing dengan yang lain. Kursus menjahit dalam penelitian ini adalah kursus yang melibatkan proses belajar untuk menciptakan dan mengembangkan keahlian dalam hal menjahit yang dapat digunakan sebagai basis untuk membuka usaha mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kursus menjahit di LKP Modes Aniq dan untuk mengetahui pelaksanaan kursus menjahit dalam meningkatkan motivasi berwirausaha pada peserta didik di LKP Modes Aniq Sidoarjo.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Dengan fokus penelitian pelaksanaan kursus menjahit dalam meningkatkan motivasi berwirausaha pada peserta didik di LKP Modes Aniq Sidoarjo. Informan dalam penelitian ini adalah peserta didik dan tutor. Untuk meningkatkan kepercayaan hasil penelitian dan keabsahan data, maka digunakan uji kondensasi data yaitu uji kredibilitas, dependabilitas konfirmabilitas, dan transferabilitas.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan kursus menjahit sudah berjalan sesuai dengan aspek-aspek kursus meliputi, pengorganisasian peserta didik dimana peserta didik dibagi menjadi kelompok-kelompok besar, pengorganisasian tujuan dan bahan ajar yang tidak melibatkan peserta didik, metode pembelajaran yang menggunakan metode ceramah, Tanya jawab dan praktek, alokasi waktu 5 hari setiap minggunya dimulai dari hari senin hingga hari jumat, sumber dana dari masing-masing peserta didik, tempat belajar yang kondusif, alat dan media yang lengkap, sumber belajar yang terdiri dari 9 tutor yang profesional, dan evaluasi di akhir pelaksanaan kursus. Sedangkan untuk pelaksanaan kursus menjahit dalam meningkatkan motivasi berwirausaha pada peserta didik hal ini dibuktikan dengan tercapainya indikator adanya rasa percaya diri, mampu berorientasi pada tugas dan hasil, memiliki keberanian mengambil resiko, berjiwa kepemimpinan, keorisinilan dan berorientasi pada masa depan. Saran yang dapat disampaikan kepada lembaga LKP Modes Aniq alangkah baiknya apabila alokasi waktu dalam kursus lebih diperpanjang agar peserta didik bisa maksimal dalam penyelesaian tugas.

Kata Kunci : Pendidikan, Kursus, Motivasi

Published
2019-06-27
Section
Articles
Abstract Views: 71
PDF Downloads: 449